post-title

Apa saja tanda-tanda akan melahirkan?

Ibu hamil khususnya yang baru pertama kali hamil pasti akan bertanya-tanya bagaimana mengetahui kapan saat untuk melahirkan telah dekat atau belum🗓️. Apa saja tanda-tandanya dan bagaimana rasanya. Simak bahasannya berikut ini!


Tanda-tanda yang berhubungan dengan bayi dan rahim

✔️Pembesaran rahim

Dalam hitungan hari atau minggu sebelum persalinan, leher rahim ibu hamil akan melebar. Biasanya dokter👩‍⚕️ akan melakukan pemeriksaan internal untuk memperkirakan berapa lama lagi sampai persalinan akan terjadi.

✨Hilangnya sumbat lendir

Tanda berikutnya adalah hilangnya sumbat lendir. Sumbat lendir yang menutup rahim dari luar akan menghilang semakin dekat waktu melahirkan🛏️.

🌊Air ketuban yang pecah

Ketika air ketuban ibu hamil sudah pecah, artinya ibu hamil harus segera dibawa ke rumah sakit🏥. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami air ketuban pecah.

⚡Mengalami kontraksi yang semakin aktif

Terdapat cara membedakan kontraksi palsu atau kontraksi persalinan. Kontraksi palsu biasanya akan sering hilang, sedangkan kontraksi persalinan tidak akan hilang meskipun ibu hamil🤰 telah mengubah-ubah posisi.


Tanda-tanda lainnya

😞Nyeri punggung yang semakin sering

Nyeri atau kram semakin sering terjadi di punggung bawah dan biasanya mencapai selangkangan. Hal ini diakibatkan persendian dan otot yang meregang untuk persiapan persalinan🤱.

😴Susah untuk tidur

Susah tidur juga merupakan salah satu tanda ibu akan melahirkan. Ibu menjadi sulit tidur🛏️ karena kandung kemih yang tertekan dan perut yang semakin membesar.