post-title

Belum lahiran ASI sudah merembes?!

Beberapa ibu hamil mungkin bingung kenapa ASI bisa merembes padahal masih dalam masa kehamilan. Hal ini normal terjadi dan bukan merupakan tanda berbahaya. Apa sih yang menyebabkan ASI🍼 merembes saat hamil?


Mengapa ASI bisa merembes saat hamil?

ASI merembes ketika hamil merupakan bagian persiapan untuk menyusui🤱 bayi ketika nanti telah lahir. ASI bisa merembes kapan saja tanpa waktu yang pasti, namun biasanya keluar ketika tubuh melepaskan hormon oksitosin. Misalnya, ketika suami memberikan rangsangan pada payudara ketika berhubungan seksual💑🏽, kolostrum dapat keluar.

Kolostrum merupakan ASI pertama yang keluar dari payudara yang mengandung banyak sekali nutrisi bagi si kecil. Meskipun ASI merembes umumnya terjadi saat trimester ketiga kehamilan, tapi tidak semua ibu hamil🤰 mengalaminya.

Hormon kehamilan yang tidak seimbang juga merupakan salah satu faktor penyebab mengapa ASI merembes ketika hamil. Hormon proklaktin, hormon peningkat produksi susu yang meningkat membuat payudara siap diisi kolostrum. Hormon prolaktin dan estrogen✨ yang tidak seimbang menyebabkan ASI bisa merembes karena tidak dapat terhenti.


Bagaimana mengantisipasi ASI yang merembes ketika hamil?

✔️Cobalah memijat payudara

Memijat payudara dengan lembut pada area payudara yang tidak nyaman dapat membuat payudara menjadi lebih rileks. Biasanya dokter👩‍⚕️ akan menyarankan ibu untuk memerah kolostrum bila ibu hamil berisiko melahirkan prematur. Hal ini dilakukan sebagai persiapan agar bayi dapat langsung mendapatkan ASI walaupun belum dapat menyusu langsung dari payudara.

👚Memakai pakaian berpola

Memakai pakaian berpola dapat membantu menyamarkan noda ASI yang merembes pada baju. Selain itu, bawalah bra cadangan saat keluar rumah🏠 untuk berjaga-jaga jika ASI keluar.

👩‍🦱Mengenakan breast pad

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan rembesan ASI, Anda bisa mencoba memakai breast pad atau bantalan ASI😉. Anda bisa membelinya di beberapa apotek. Cara memakai breast pad hampir sama seperti mengenakan pembalut ke celana dalam. Bentuk breast pad adalah bulat dengan diameternya menutup puting dan aerola dari payudara. Jangan lupa untuk segera menggantinya jika dirasa sudah basah untuk mencegah tumbuhnya jamur🍄.