post-title

Apa saja yang harus dibawa saat bersalin?

Sebaiknya Anda sudah mulai bersiap-siap apa saja yang akan dibawa ke rumah sakit🏥 ketika bersalin dari jauh-jauh hari. Hal ini berguna untuk mempersiapkan jika tiba-tiba Anda harus pergi lebih awal ke rumah sakit dan agar tidak ada dokumen📝 atau barang yang terlupa karena tergesa-gesa membereskannya.


Barang apa saja yang sebaiknya dibawa ke rumah sakit?

👚Siapkan selimut, baju, dan bedong untuk bayi

Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan bayi saat ke rumah sakit. Cuci🧼 selimut, baju, dan bedong bayi sebelum memasukkannya ke dalam tas. Selain itu, siapkan beberapa pasang baju dan selimut bayi untuk berjaga-jaga.

😊Siapkan baju ganti untuk ibu

Mempersiapkan baju ganti yang nyaman untuk ibu sangat penting. Siapkan piyama atau daster yang berbahan mudah menyerap keringat dan memiliki kancing di bagian depan. Kancing di depan akan memudahkan ibu hamil saat menyusui🤱.

🌊Persiapkan alat mandi

Siapkan alat mandi untuk ibu hamil gunakan setelah melahirkan. Siapkan sabun, sampo🧴, maupun sabun cuci wajah. Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan make up agar ibu hamil terlihat lebih cerah saat ada tamu atau saudara yang menjenguk.

✨Bawa bantal, bra untuk menyusui dan breast pad

Jangan lupa untuk membawa bra khusus untuk menyusui serta bantalan untuk menyangga tangan ibu saat menyusui. Untuk menampung ASI🍼 yang bocor, jangan lupa untuk juga membawa breast pad.


Dokumen apa saja yang harus dibawa saat bersalin di rumah sakit?

👩‍🦱Jangan lupa untuk membawa kartu identitas diri

Bawa kartu identitas diri dan suami dan salinannya. Selain itu, Anda juga dapat membawa salinan kartu identitas 2 orang saksi untuk membuat akta lahir📝 anak.

📌Bawa kartu BPJS

Siapkan kartu BPJS di dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit🏥. Walaupun Anda melahirkan di rumah sakit swasta yang menggunakan BPJS hanya untuk tindakan darurat, tidak ada salahnya untuk tetap membawanya.

✍🏻Paling penting! Jangan lupa untuk membawa buku kesehatan ibu dan anak

Buku kesehatan ibu dan anak atau yang sering disingkat dengan KIA adalah buku📙 yang didapat dari rumah sakit sejak kontrol kandungan pertama kali jika Anda mengikuti program pemerintah. Anda dapat membawa buku rekam medis jika selama ini melakukan pemeriksaan di rumah sakit🏥 swasta.