post-title

Kontraksi! Tapi palsu…

Pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil akan mengalami kontraksi palsu. Kontraksi palsu sering disebut juga dengan istilah Braxton Hicks. Ada baiknya ibu hamil🤰 untuk bisa membedakan mana kontraksi persalinan dan kontraksi palsu. Simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Kontraksi, tapi bisa palsu?

🙋Apa itu kontraksi palsu?

Kontraksi palsu atau Braxton Hicks akan mulai dirasakan ibu hamil dari usia kehamilan 30 minggu🗓️. Kontraksi palsu akan semakin sering terjadi semakin dekat hari persalinan.

👀Kontraksi palsu memiliki manfaat?

Kontraksi palsu yang terjadi ketika hamil memiliki manfaat✔️. Kontraksi palsu merupakan pertanda rahim sedang bersiap-siap untuk bersalin nantinya. Maka dari itu, semakin sering ibu hamil mengalami kontraksi palsu, semakin lunak mulut rahim yang akan semakin memudahkan😉 ibu saat bersalin nantinya.


Apa tanda dari kontraksi palsu?

⏲️Durasi kontraksi

Durasi dari kontraksi palsu terjadi tidak lebih dari satu menit dan dirasakan hanya pada bagian perut depan. Lain halnya dengan kontraksi persalinan, durasinya mencapai lebih dari satu menit💭.

⚡Penyebab kontraksi

Kontraksi palsu umumnya terjadi karena beberapa hal berikut ini. Tubuh kekurangan cairan🌊, berhubungan seks, bayi terlalu aktif bergerak, berlebihan berolahraga, membawa barang yang terlalu berat.


Bagaimana cara mengatasi kontraksi palsu?

🛏️Segera beristirahat

Ibu hamil sebaiknya segera beristirahat jika mengalami kontraksi palsu. Segeralah berbaring dan ambil napas dalam-dalam🌬️ dan keluarkan perlahan.

🍽️Makan makanan dalam porsi kecil

Makan makanan dalam porsi kecil juga dapat membantu mengatasi kontraksi palsu. Misalnya, Anda dapat makan snack sehat kesukaan sambil duduk🪑 santai di sofa.

👩Minum air hangat

Minum air hangat dapat membantu merilekskan tubuh dan perasaan ibu hamil. Selain itu, mandi🧼 dengan air hangat sekitar 20 menit juga dapat membantu merilekskan tubuh.

📌Coba untuk mengubah posisi

Anda dapat mencoba mengubah posisi ketika kontraksi palsu sedang terjadi. Misalnya, jika kontraksi palsu terjadi ketika Anda sedang tidur, coba ubah posisi tubuh dengan berjalan-jalan🚶‍♀️ santai.