post-title

Cara alami pancing kontraksi dan pembukaan!

Sudah memasuki usia kehamilan 40 minggu, ibu hamil pastinya tidak sabar campur khawatir menjelang hari-hari persalinan. Ada ibu hamil🤰 yang mengalami pembukaan secara cepat namun ada pula yang lambat. Tidak perlu khawatir! Terdapat berbagai cara memancing pembukaan persalinan secara alami.


Adakah posisi tertentu yang bisa memancing pembukaan berlangsung lebih cepat?

🔮Anda dapat mencoba untuk duduk di atas bola birth ball untuk mengurangi rasa sakit dan mendorong janin.

🪑Jika Anda tidak memiliki bola birth ball, cobalah duduk di toilet dengan posisi kaki terbuka.

⚡Anda sebaiknya menghindari posisi telentang dan bersandar pada punggung karena posisi ini bisa menghambat pergerakan janin.

👩‍🦱Jika Anda merasa lelah, Anda dapat berbaring dengan posisi miring ke samping.

🚶‍♀️Berdirilah dengan kedua kaki Anda terbuka sambil menyandarkan kepala Anda ke arah depan.


Apa saja cara alami merangsang kontraksi rahim untuk mempercepat pembukaan?

🚶‍♀️Berjalan kaki

Memasuki usia kehamilan trimester ketiga, baik untuk ibu hamil untuk sering berjalan kaki. Hal ini karena gerakan pinggul dan gravitasi dapat membantu janin👶 untuk cepat turun ke jalan lahir. Selain itu, berjalan kaki juga dapat membantu memperbaiki posisi bayi sungsang dan juga mempercepat pembukaan persalinan.

💑🏽Berhubungan seksual

Berhubungan seksual memicu tubuh untuk melepaskan hormon oksitosin yang memicu kontraksi rahim. Selain itu, air mani yang mengandung zat kimia prostaglandin juga memicu serviks untuk melebar lebih cepat. Tetapi, jika Anda mengalami masalah persalinan contohnya perdarahan✨, ketuban pecah dini, hindari berhubungan seksual menjelang hari persalinan ya!

🛀Cobalah mandi dengan air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Sehingga dapat memicu kontraksi dan mempercepat pembukaan persalinan. Selain itu, Anda dapat meminta pasangan💑🏽 Anda untuk memijat Anda dengan lembut. Hal ini dapat membantu mempercepat pembukaan persalinan.

🤏Stimulasi puting susu

Menstimulasi puting susu memicu hormon oksitosin untuk merangsang kontraksi sehingga dapat mempercepat pembukaan persalinan. Anda dapat melakukannya dengan tangan✋ atau dengan pompa payudara.