post-title

Hypnobirthing? Melahirkan dengan hipnosis!

Pastinya beberapa ibu hamil ada yang merasa berdebar-debar menjelang hari persalinan yang semakin dekat. Sekarang, ada penggunaan hipnosis selama persalinan yang disebut dengan hypnobirthing untuk membantu memudahkan ibu🤰 untuk melahirkan.


Apa saja keuntungan melakukan hypnobirthing?

Melahirkan normal dibantu dengan hypnobirthing memiliki berbagai keuntungan, yaitu dapat mempercepat proses persalinan, mengurangi tingkat cemas, stres😫, takut dan sakit saat melahirkan, memperpendek waktu pemulihan di rumah sakit, dan meningkatkan rasa rileks saat bersalin. Tetapi, Anda sebaiknya melakukan metode ini di rumah sakit🏥 dan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter Anda.


Bagaimana proses hypnobirthing?

Hypnobirthing bekerja dengan menggunakan teknik relaksasi dan self-hypnosis. Berikut adalah prosedur dari hypnobirthing.

🍃Pengaturan pernapasan

Pengontrolan pernapasan penting dilakukan untuk membuat ibu menjadi nyaman dan rileks. Terdapat dua teknik pernapasan dalam hypnobirthing. Teknik pernapasan yang pertama, tarik napas melalui hidung👃 tepat pada hitungan keempat dan keluarkan melalui mulut di hitungan ketujuh. Teknik kedua, tahan napas sampai hitungan ketujuh.

👀Visualisasi terpandu

Pada proses ini, ibu hamil dapat memilih skrip dan audio relaksasi yang telah disediakan. Skrip tersebut diantaranya adalah skrip yang ditujukan untuk pikiran positif mengenai persalinan, skrip yang berfokus pada relaksasi🌬️ secara umum, dan skrip yang berfokus pada persalinan aktif di tahap persalinan.

💭Berfokus pada pikiran positif

Dengan metode hypnobirthing, biasanya ibu hamil akan dituntun untuk membayangkan hal yang berkaitan dengan persalinan namun dalam wujud yang lebih menarik dan menyenangkan. Misalnya, ibu hamil dapat membayangkan proses mekarnya bunga🌺 guna membantu tubuh lebih santai.