post-title

Gunting vagina? Episiotomi!

Saat ibu hamil melahirkan secara normal, ada ibu yang perlu melakukan prosedur episiotomi atau gunting vagina untuk mempermudah persalinan🤰, namun ada juga yang tidak. Mari mengenal lebih dalam apa itu gunting vagina?


Apa itu episiotomi?

Episiotomi merupakan pembedahan pada daerah otot yang berada di antara vagina dan anus atau perineum ketika melahirkan normal☘️. Episiotomi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu

✨Episiotomi Mediolateral

Episiotomi jenis ini dilakukan dengan membuat sayatan berbentuk diagonal memanjang dari bukaan vagina sampai pada tuberositas ischial. Kelebihan dari irisan jenis ini adalah tidak berisiko robek lebih besar. Namun kekurangannya adalah proses penyembuhan cukup menyakitkan, perdarahan cukup banyak😫, dan sulit untuk diperbaiki dan pulih seperti semula.

📌Episiotomi Midline

Episiotomi midline atau yang juga disebut median incision dilakukan dengan membuat sayatan dari bukaan vagina memanjang sampai ke anus. Kelebihan sayatan jenis ini yaitu proses penyembuhan yang tidak menyakitkan😊, perdarahan jauh lebih sedikit, dan bekas luka tidak separah jenis episiotomi mediolateral. Namun, kekurangannya adalah jika robekan di tingkat tiga, selain robekan pada area perineum, bagian anal sfingter juga dapat pecah.


Bagaimana proses pemulihan setelah episiotomi?

🧊Kompres dengan es batu

Anda dapat mengompres area sekitar perineum yang sakit dengan menempatkan es batu yang dibalut kain. Hindari menempelkan✋ es batu langsung pada kulit.

🪑Duduk dengan berhati-hati

Duduklah dengan berhati-hati dan menggunakan bantal empuk. Bantal empuk berguna agar bokong tidak tertekuk ke bawah😉.

💊Minum obat penghilang nyeri

Anda dapat minum obat penghilang nyeri yang diresepkan oleh dokter. Biasanya dokter👩‍⚕️ akan memberikan obat untuk meredakan rasa sakit dan melancarkan buang air besar.

🍃Jaga daerah bekas jahitan untuk selalu kering

Menjaga daerah bekas jahitan untuk selalu kering dapat mempercepat penyembuhan. Sesudah buang air🚽 atau mandi seka perlahan bekas jahitan dengan handuk lembut. Anda juga dapat berbaring di atas handuk di atas tempat tidur🛏️ sambil melepaskan celana Anda untuk mengangin-anginkan bekas jahitan.