post-title

Uuh, masalah kulit saat hamil?!

Munculnya berbagai masalah kulit ketika hamil adalah hal yang umum dialami banyak ibu hamil. Apa saja masalah kulit yang dapat muncul ketika hamil🤰? Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Apa saja masalah kulit yang dapat terjadi ketika hamil?

🤏Kulit kering yang gatal

Kulit kering dapat terjadi karena ibu hamil kekurangan cairan🌊 tubuh. Selain itu, kondisi udara kamar maupun rumah yang kering juga ikut berperan membuat kulit menjadi kering. Kulit yang kering biasanya akan menjadi gatal.

☹️Jerawat kehamilan

Jerawat muncul karena perubahan hormon yang berfluktuatif ketika hamil. Perubahan hormon memicu kelenjar minyak🪔 untuk memproduksi lebih banyak sebum yang menyebabkan munculnya jerawat.

✨Muncul stretch mark

Semakin membesarnya perut dapat membuat munculnya stretch marks. Hal ini karena kulit semakin merenggang hingga melampaui batas maksimal. Stretch marks dapat timbul tidak hanya di perut, namun juga pada bokong, payudara, dan paha🦵.

📌Kulit menjadi lebih sensitif

Ketika sedang hamil, kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif. Apalagi jika sebelum hamil ibu memang memiliki tipe kulit yang sensitif, maka ketika hamil, kulit akan terasa lebih sensitif⚡ lagi.


Solusi atasi masalah kulit saat hamil!

💊Berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat jerawat

Apabila Anda ingin minum obat jerawat ketika hamil, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️. Karena terdapat beberapa obat jerawat yang harus dihindari ketika hamil, contohnya tetrasiklin atau retinol-A.

🌬️Gunakan pelembab udara

Anda dapat memasang pelembab udara di kamar Anda untuk mengurangi udara yang kering. Selain itu, cukup minum air putih juga membantu untuk mencegah kulit menjadi kering🍃.

🧴Memakai lotion

Rutin memakai lotion dapat menjaga kelembaban kulit Anda dan mencegah timbulnya stretch mark. Pastikan untuk memilih lotion berbahan alami yang aman bagi Anda dan janin👶.