post-title

Ngiung-ngiung.. Tanda bahaya trimester ketiga!

Sudah memasuki trimester ketiga, sudah semakin dekat waktu akan bertemu dengan si kecil yang selama ini berada di dalam kandungan. Pastinya ibu hamil akan semakin berhati-hati menjaga kandungannya. Berikut informasi💭 mengenai tanda bahaya yang dapat terjadi di trimester ketiga agar ibu dapat lebih berhati-hati😉!


Apa saja tanda bahaya yang dapat terjadi pada trimester ketiga?

⚡Mengalami kontraksi

Kontraksi dapat terjadi pada awal trimester ketiga kehamilan. Kontraksi yang terjadi tersebut dikenal dengan kontraksi persalinan prodromal dan kontraksi palsu atau sering disebut juga dengan istilah kontraksi Braxton-Hicks. Segeralah mengunjungi dokter👩‍⚕️ jika Anda mengalami kontraksi pada trimester ketiga ini.

✨Perdarahan vagina

Perdarahan vagina yang disertai dengan rasa nyeri pada perut juga merupakan salah satu tanda bahaya😢 yang bisa terjadi pada trimester ketiga. Hal ini dapat menunjukkan gejala solusio plasenta, yang merupakan suatu kondisi dimana plasenta terlepas dari lapisan rahim.

🌊Pecah ketuban

Jika Anda merasakan ada air yang mengalir di kaki Anda hal ini bisa menjadi pertanda dari pecahnya ketuban. Hal ini juga merupakan tanda bahaya di trimester ketiga. Ada ibu hamil yang merasakan seperti semburan cairan, namun ada pula yang merasa seperti aliran air biasa. Anda harus segera ke rumah sakit🏥 jika mengalami hal ini.

👀Gangguan penglihatan, sakit kepala parah, pembengkakan, sakit perut

Gejala-gejala tersebut merupakan dapat menjadi pertanda preeklamsia. Preeklamsia merupakan kondisi yang berbahaya karena menyebabkan kerusakan organ-organ dalam tubuh, dan tekanan darah⚡ meningkat dengan pesat.


Bagaimana cara mencegah maupun meredakan rasa tidak nyaman pada trimester 3?

🚶‍♀️Tetap lakukan olahraga ringan dengan rutin

Anda sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan tiap hari. Anda dapat berjalan-jalan santai di sekitar rumah sambil menghirup udara segar. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran Anda tetap fresh☘️. Selain itu, juga dapat memperlancar peredaran darah Anda.

😊Hindari memaksakan diri

Jika Anda sudah mulai merasa lelah, segeralah duduk🪑 atau berbaring di tempat tidur dengan nyaman. Bicarakan kondisi Anda dengan pasangan, agar pasangan💑🏽 Anda mengerti dan dapat turut membantu dan lebih memperhatikan kondisi Anda.