post-title

Garis-garis biru? Varises!

Varises merupakan kondisi yang banyak dialami ibu hamil trimester ketiga. Hal ini terjadi karena sirkulasi darah menuju bayi meningkat yang membuat kelebihan aliran darah yang kemudian menyebabkan timbulnya varises🦵 pada kulit.


Apa saja gejala dan penyebab varises?

Varises berupa urat yang besar berwarna ungu atau biru pada kaki🦶. Selain itu biasanya lama-kelamaan pergelangan kaki akan mengalami pembengkakan ringan. 

📌Usia ibu hamil

Usia ibu hamil menjadi salah satu faktor penyebab munculnya varises. Semakin tua usia ibu hamil, semakin tinggi risiko mengalami varises☹️. Hal ini karena semakin tua usia, otot betis semakin melemah dan nadi pada katup vena juga melemah.

✨Perubahan hormonal

Ketika hamil, perubahan hormon yang terjadi dapat menyebabkan munculnya varises. Kekurangan hormon progesteron ketika hamil menyebabkan kerusakan dan pelebaran⚡ pembuluh darah sehingga tidak mampu untuk mengangkut darah yang akan menyebabkan varises.


Lalu, bagaimana cara mencegah agar tidak mengalami varises ketika hamil?

🧦Memakai kaus kaki kompresi

Memakai kaus kaki pendukung bersalin atau kompresi dapat mencegah terjadinya varises. Kaus kaki memberikan tekanan pada kaki yang merangsang aliran darah ke kaki menuju ke jantung💖.

🪑Hindari berdiri atau duduk terlalu lama

Berdiri atau duduk terlalu lama pada satu posisi dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Selain itu, hindari duduk dengan kaki menyilang dan memakai sepatu hak tinggi👠.

🚶‍♀️Rutin berolahraga

Rutin berolahraga ringan setiap hari dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Tapi, sebaiknya diskusikan dengan dokter👩‍⚕️ olahraga apa yang aman Anda lakukan untuk kondisi tubuh Anda saat ini.

🍃Cukup makan serat

Cukup makan serat dan minum air putih dapat membantu mencegah terjadinya sembelit🚽. Selain itu, kurangi mengonsumsi natrium untuk mengurangi risiko pembengkakan pembuluh darah.


Cara mengobati varises ibu hamil

🍃Tindakan non-operatif

Tindakan non-operatif dapat dilakukan dengan mengenakan kaos kaki stocking panjang khusus untuk varises, atau dengan terapi obat-obatan💊 dari dokter spesialis kandungan.

🏥Tindakan operatif

Jika ingin melakukan tindakan operatif, dianjurkan untuk dilakukan sesudah proses kehamilan telah usai😊. Tindakan akan dilakukan dengan alat bantu untuk membedah varises oleh dokter spesialis bedah subspesialis vaskular.