post-title

Ingin melahirkan normal setelah caesar?

Terdapat metode persalinan VBAC yang merupakan kependekan dari istilah Vaginal Birth After Caesarean. Ini merupakan istilah melahirkan secara normal setelah sebelum pernah menjalani operasi caesar🤱.


Apa kriteria agar bisa melakukan VBAC setelah operasi caesar?

Terdapat 3 kriteria supaya dapat melakukan VBAC setelah sebelumnya menjalani operasi caesar. Dengan kata lain, tidak semua ibu hamil🤰 boleh melakukan VBAC.

💭Seperti apa jenis sayatan rahim di operasi caesar sebelumnya

Ibu hamil yang luka sayatannya melintang rendah boleh melakukan VBAC. Namun, jika luka sayatan sebelumnya adalah vertikal dan tinggi, luka sayatan bisa pecah⚡ jika melakukan VBAC.

📝Telah berapa kali melakukan caesar?

VBAC hanya bisa dilakukan jika ibu hamil melakukan maksimal 2 kali operasi caesar sebelumnya. Selain itu, minimal 18 bulan telah lewat🗓️ semenjak ibu hamil melakukan operasi caesar.

📌Kondisi rahim

Apabila ibu hamil pernah melakukan operasi rahim lain selain caesar, maka ibu hamil tidak akan disarankan untuk melakukan VBAC. Juga, jika ibu hamil pernah mengalami kondisi rahim robek😞 atau ruptur uteri ketika persalinan, maka tidak disarankan melakukan VBAC.


Tips lancar jalani VBAC!

📙Rencanakan sematang mungkin!

Anda sebaiknya telah merencanakan dengan sematang mungkin bersama dengan pasangan Anda. Rencanakan pula alternatif lain✔️ misalnya, jika tiba-tiba diperlukan kembali operasi caesar. Namun ingat, walaupun akhirnya Anda harus kembali melakukan operasi caesar, bukan berarti Anda gagal ya! Yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatan Anda dan bayi Anda😉.

⚖️Jaga berat badan Anda

Berdasarkan penelitian di University of Washington, wanita gemuk yang menurunkan berat badannya sebanyak satu atau lebih unit indeks massa tubuh meningkatkan tingkat kesuksesan VBAC hingga 24%! Mengatur pola makan Anda dengan baik🍽️ dan rutin berolahraga dapat membantu menjaga berat badan Anda.

🤓Pelajari VBAC dengan baik

Anda sebaiknya mempelajari VBAC dengan baik sebelum melakukannya. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas👩‍🦱 VBAC sehingga Anda dapat mengetahui apa saja pengalaman mereka, manfaat, dan risiko VBAC dengan lebih baik.