post-title

Apa saja posisi bayi sungsang?

Posisi bayi sungsang adalah posisi saat kepala bayi👶 berada di bagian atas rahim, sedangkan kaki berada di bagian bawah pada usia kehamilan lebih dari 35 minggu. Faktor apa yang menyebabkan hal ini terjadi?


Tiga jenis posisi bayi sungsang

🦶Sungsang dengan posisi salah satu kaki bayi di bawah bokong

Posisi ini disebut juga dengan istilah footling breech. Ketika proses persalinan berlangsung, kaki bayi lebih dahulu keluar😫 sebelum tubuhnya keluar.

📌Sungsang dengan posisi bokong bayi dekat jalan lahir

Posisi sungsang ini disebut frank breech. Pada posisi ini, posisi tungkai🦵 bayi sejajar dengan tubuh dan kaki terletak dekat dengan kepala.

Sungsang dengan posisi bokong dan kedua kaki bayi menghadap jalan lahir

Sungsang dengan posisi ini juga disebut complete breech. Posisi bokong dan kedua kaki bayi menghadap jalan lahir sambil lututnya tertekuk. Lebih jelasnya, posisi bayi👶 seperti sedang memeluk lututnya.


Apa yang menyebabkan posisi bayi bisa sungsang?

Pada usia kehamilan yang muda, posisi kepala bayi memang masih berada di atas. Namun, bersama dengan bertambahnya usia kehamilan, posisi kepala bayi umumnya berubah perlahan menuju ke arah jalan lahir.

💖Hamil bayi kembar

Hamil bayi kembar membuat ruangan dalam rahim menjadi sempit. Karena itu, bayi menjadi lebih sulit💨 untuk bergerak.

🌊Volume air ketuban yang terlalu banyak atau sedikit

Jika volume air ketuban terlalu sedikit atau yang disebut dengan oligohidramnios, bayi menjadi sulit untuk berputar dan bergerak🚶‍♀️. Sedangkan bila volume air ketuban terlalu banyak atau disebut dengan polihidramnion, bayi mempunyai terlalu banyak ruang ekstra untuk bergerak.

⚡Memiliki komplikasi

Ibu hamil yang memiliki komplikasi, contohnya fibroid dapat meningkatkan risiko bayi sungsang. Selain itu, rahim yang berbentuk tidak normal, misalnya uterus yang berbentuk hati❤️ juga meningkatkan risiko posisi bayi sungsang.

💡Kondisi plasenta di bagian bawah rahim

Plasenta yang berada di bagian bawah rahim atau disebut dengan istilah plasenta previa dapat menyulitkan kepala bayi untuk mengarah ke jalan lahir. Hal ini karena plasenta menutupi😞 sebagian atau seluruh jalan lahir.


Berbagai posisi bayi di dalam kandungan selain posisi sungsang

☁️Posisi Posterior

Posisi posterior disebut juga dengan posisi back-to-back. Pada posisi ini, punggung bayi bersandar di punggung ibu sedangkan kepalanya mengarah ke arah bawah. Hal ini biasanya terjadi karena ibu terlalu lama berbaring atau duduk🪑. Posisi ini bisa membuat persalinan menjadi lebih lama dibandingkan posisi anterior.

🎈Posisi Anterior

Sebagian besar janin masuk ke posisi anterior sebelum persalinan dimulai. Pada posisi ini, kepala janin turun di panggul dengan menghadap ke belakang ibu, sedangkan punggung janin menghadap pada perut ibu. Posisi ini merupakan posisi terbaik😊 bagi janin sebelum persalinan.

🛏️Posisi Transversal

Posisi transversal yang disebut juga dengan posisi berbaring merupakan posisi ketika janin berbaring horizontal di dalam rahim. Apabila sebelum persalinan posisi janin masih dalam posisi ini, maka akan dilakukan persalinan secara sesar🏥.