post-title

Tangani preeklamsia sebelum jadi eklamsia!

Terdapat suatu kondisi yang dapat terjadi pada usia kehamilan setelah 20 minggu, yaitu preeklamsia. Preeklamsia merupakan kondisi peningkatan tekanan darah yang juga disertai dengan urine yang mengandung protein✨. Simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Apa yang menyebabkan terjadinya preeklamsia?

📝Riwayat penyakit tertentu

Memiliki riwayat penyakit tertentu misalnya autoimun, hipertensi⚡, ataupun diabetes dapat menyebabkan terjadinya preeklamsia. Selain itu, jika Anda pernah mengalami preeklamsia di kehamilan sebelumnya, hal ini juga merupakan salah satu penyebab preeklamsia.

💭Kondisi kehamilan

Kehamilan pertama, hamil lebih dari satu janin, kembali hamil setelah jeda waktu yang lama, misalnya 10 tahun. Usia ibu hamil yang kurang dari 20 tahun maupun lebih dari 40 tahun juga adalah penyebab terjadinya preeklamsia😞.


Apa saja gejala preeklamsia?

☹️Gangguan pada organ tubuh

Gejala yang terjadi pada organ tubuh diantaranya gangguan penglihatan👀, hipertensi atau tekanan darah tinggi, sakit kepala yang terjadi terus menerus, terdapat protein di dalam urin atau proteinuria, nyeri pada ulu hati, dan sesak napas.

📌Gangguan lainnya

Berat badan ibu hamil dapat naik dengan tiba-tiba, merasa mual dan muntah, lemas. Selain itu, beberapa bagian tubuh menjadi bengkak, misalnya wajah, tungkai, dan tangan.


Bagaimana pengobatan preeklamsia?

Ibu hamil harus segera mengunjungi dokter jika mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas. Hal ini untuk mencegah preeklamsia berkembang menjadi eklamsia yang mengancam keselamatan ibu hamil🤰 dan janin. Biasanya setelah dilakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan obat-obatan sebagai berikut.

💊Obat kortikosteroid

Jenis obat ini diberikan pada penderita preeklamsia berat. Obat ini juga bisa mempercepat pematangan paru-paru janin👶.

⚡Obat antihipertensi

Obat ini diberikan apabila tekanan darah ibu hamil sangatlah tinggi😖. Tetapi tidak perlu diberikan jika tekanan darah ibu hamil masih di antara 140/90 mmHg.

✨Obat MgSO4

Obat MgSO4 diberikan jika ibu hamil mengalami preeklamsia yang berat. Obat ini berguna untuk mencegah kejang😫.