post-title

Kaki gelisah saat hamil?

Ibu hamil trimester kedua hingga ketiga biasa mengalami suatu sindrom yang disebut dengan sindrom kaki🦶 gelisah atau restless legs syndrome. Ibu hamil merasa tidak tahan untuk menggerakkan kakinya. Apa yang menyebabkannya?


Apa yang menyebabkan kaki gelisah ketika hamil?

☹️Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat

Pola makan yang kurang baik yang menyebabkan ibu hamil kekurangan suatu nutrisi, contohnya folat, vitamin D, magnesium, bisa memicu sindrom kaki gelisah saat tidur. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum-minuman beralkohol🍷, serta kurang tidur juga memicu sindrom ini. 

✨Perubahan hormon selama hamil

Perubahan hormon diantaranya hormon estrogen selama hamil yang meningkat menyebabkan sindrom ini muncul. Selain itu, hormon dopamin di otak🧠 yang tidak seimbang selama kehamilan juga memicu sindrom kaki gelisah.


Tips mengatasi kaki gelisah saat hamil!

🍽️Pola makan sehat

Konsumsi makanan sehat untuk mencegah defisiensi nutrisi seperti folat dan zat besi dari sumber alami. Contohnya, makan buah pisang🍌, alpukat, sereal maupun sayuran hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat. Sedangkan kacang-kacangan dan daging tanpa lemak dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi.

🚶‍♀️Rutin berolahraga ringan tiap harinya

Rutin berolahraga terutama yang banyak menggunakan kaki contohnya berjalan kaki di sekitar rumah, dapat membantu mengurangi gejala sindrom kaki gelisah ini. Berjalan santai juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, serta menjaga mood dan pikiran tetap fresh☘️.

⚖️Jaga berat badan

Hindari makan karbohidrat🍚 secara berlebihan, dan mengemil makanan yang tidak sehat. Selain itu, lemak yang tidak sehat yang terkandung di dalam gorengan juga tidak baik bagi kesehatan Anda apalagi saat hamil.