post-title

Bahaya tidur terlalu lama saat hamil!

Ketika hamil, ibu hamil akan merasa lebih mudah lelah sehingga sering mengantuk😴. Tidur memang baik bagi ibu hamil, namun jika terlalu lama juga berbahaya, lho! Selain berbahaya bagi ibu, juga berbahaya bagi janin.


Hal apa saja yang menyebabkan ibu hamil jadi lebih sering tidur?

🚽Buang air kecil terus menerus saat malam hari

Buang air kecil terus menerus saat ibu hamil sedang tidur di malam🌙 hari juga mengganggu tidurnya, sehingga ibu menjadi mengantuk saat siang hari. Selain itu insomnia yang dialami ibu hamil juga mempengaruhi kualitas tidurnya.

✨Perubahan hormon

Hormon progesteron ibu hamil yang meningkat menyebabkan ibu hamil lebih banyak tidur. Selain itu, kadar gula darah dan tekanan darah ibu hamil yang menurun juga memicu rasa lelah😞.

📌Penyakit asam lambung

Kehamilan dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung GERD🤮. Hal ini karena tekanan yang lebih banyak di area perut membuat penutupan otot cincin melemah yang menyebabkan makanan yang dikonsumsi kembali ke tenggorokan.

🦵Mengalami sindrom kaki gelisah

Mengalami sindrom kaki gelisah ketika hamil juga menyebabkan terganggunya tidur😫. Sindrom kaki gelisah ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen atau kekurangan nutrisi tertentu, contohnya asam folat.


Berbagai bahaya tidur terlalu lama ketika hamil!

🗓️Risiko kelahiran prematur

Jika ibu hamil tidur lebih dari 9 jam sehari, dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Hal ini disebabkan ketika tidur🛏️, aliran darah yang tersalur ke janin mengalami penurunan.

👶Bayi lahir mati

Bayi lahir mati juga merupakan salah satu hal yang dapat terjadi jika ibu hamil tidur terlalu lama⏲️. Tekanan darah ibu hamil yang menurun ketika tidur menyebabkan tekanan darah ke janin juga menurun.

⚖️Kelebihan berat badan

Ibu hamil yang tidur terlalu lama juga dapat mengalami obesitas. Hal ini karena ibu hamil kurang bergerak🚶‍♀️ sehingga kalori yang dikonsumsi tidak terbakar.