post-title

Jadi ngorok saat hamil?

Mungkin Anda bingung, sebelumnya tidak pernah mendengkur, tapi selama hamil jadi mendengkur. Jangan khawatir, mendengkur😴 ketika hamil adalah hal yang wajar!


Apa yang membuat ibu hamil ngorok saat tidur?

✨Perubahan hormon

Hormon yang meningkat ketika hamil memicu hidung menjadi seperti macet saat berbaring. Hal ini yang menyebabkan ibu hamil menjadi mendengkur🛏️.

⚖️Kenaikan berat badan

Kenaikan berat badan saat hamil juga menjadi salah satu penyebab ibu hamil mendengkur. Hal ini karena muncul jaringan tambahan pada sekitar leher atau kepala yang memicu ibu hamil jadi mendengkur💭.


Solusi menghentikan dengkuran

Dengkuran yang terjadi ketika hamil memang akan berhenti setelah Anda melahirkan, namun jika Anda maupun pasangan💑🏽 merasa tidak nyaman dengan dengkuran ini, Anda dapat mencoba mempraktekkan beberapa solusi berikut ini.

📌Gunakan bantal lebih tinggi

Menggunakan bantal lebih tinggi membuat ibu hamil lebih mudah bernapas. Hal ini karena bantal yang rendah membuat ibu hamil kekurangan oksigen yang memicu tidur dengan mulut👄 terbuka.

😊Tidur dengan posisi miring

Tidur dengan posisi miring memudahkan ibu hamil untuk bernapas. Selain itu, tidur miring di sisi kiri juga baik bagi ibu hamil🤰.

👃Menempelkan nasal nose strip

Nasal nose strip dapat membantu ibu hamil lebih mudah bernapas dan mengatasi hidung yang tersumbat sehingga mengurangi dengkuran. Caranya cukup hanya dengan menempelkannya pada batang hidung selama tidur😴.

🌬️Menggunakan pelembab udara

Semakin kering udara di dalam kamar, dapat membuat dengkuran semakin parah. Karena itu, Anda dapat mencoba menggunakan pelembab udara atau humidifier untuk menjaga kelembaban🍃 udara sehingga mencegah terjadinya iritasi di tenggorokan maupun hidung, dan mengurangi dengkuran.

👩Jaga kenaikan berat badan

Makan makanan yang sehat dan memiliki pola diet makan yang seimbang🍽️ sangat baik bagi ibu hamil. Selain baik bagi perkembangan janin di dalam kandungan, hal ini juga dapat membantu mengurangi kenaikan berat badan yang merupakan salah satu faktor penyebab mendengkur.