post-title

Begini cara menyusui bayi baru lahir!

Hati-hati karena jika cara menyusui Anda tidak benar, bayi bisa tersedak dan puting Anda juga bisa lecet. Berikut posisi yang benar saat menyusui🤱 bayi baru lahir!


Bagaimana cara mendapatkan posisi yang pas ketika menyusui?

✔️Temukan posisi diri yang dirasa nyaman

Anda dapat menggunakan bantal untuk menopang lengan dan bayi Anda sambil menyandarkan diri. Tempatkan bayi👶 dengan pinggul tertekuk di dekat Anda, posisi ini membuatnya tidak perlu menoleh-noleh saat meraih payudara.

📌Pastikan dagu bayi tidak tertekan payudara

Pastikan hidung dan dagu bayi benar-benar menyentuh payudara. Tempelkan bayi ke payudara dengan menariknya agar mendekat dengan menopang punggungnya dan dorong bayi untuk membuka mulut👄 dengan lebar. Buat tangan Anda menjadi seperti leher keduanya sehingga bayi tertopang dengan nyaman.

👃Hidung dan mulut bayi harus menghadap pada puting susu

Anda bisa minta tolong pada pasangan💑🏽 Anda untuk mengangkat terlebih dahulu bayi lalu menyerahkannya pada Anda setelah Anda mendapatkan posisi yang dirasa pas. Tubuh bayi harus menyentuh Anda.


Apa saja jenis posisi menyusui bayi baru lahir?

👩‍🦱Cross Cradle Position

Posisi menyusui ini berlawanan dengan posisi cradle hold. Saat ibu menyusui dengan menggunakan payudara sebelah kanan, ibu menggunakan tangan✋ kiri untuk menopang bayi. Cross cradle position menggunakan lengan yang berlawanan untuk menopang bayi, sambil bagian leher dan belakang kepala bayi dipegang oleh satu tangan ibu.

😊Cradle Position

Posisi cradle adalah posisi menyusui dengan kepala bayi berada di antara lekukan salah satu lengan ibu. Posisi ini mirip seperti ketika menimang bayi. Kepala bayi👶 diletakkan pada dekat siku, sedangkan lengan ibu menopang tubuh bayi pada sepanjang punggung dan leher.

✨Side Lying Position 

Posisi menyusui side lying dilakukan ketika ibu merasa lelah atau sedang ingin tidur😴. Ibu berbaring miring sambil menghadap ke arah bayi, pastikan posisi mulut bayi untuk sejajar dengan puting. Posisi side lying baik untuk ibu yang menjalani operasi caesar karena tidak memberi tekanan pada bagian perut dan dada.

💭Football Hold

Posisi menyusui football hold dilakukan dengan cara bayi diapit di sisi tubuh ibu, di bawah lengan. Sisi payudara yang digunakan untuk menyusui🍼 sama dengan sisi apitan. Posisi football hold baik untuk ibu yang menjalani operasi caesar, bayi yang lahir dengan berat badan rendah, bayi yang susah untuk mengunci mulut dengan tepat ketika menyusui.

☘️Laid Back Position

Posisi menyusui ini sama dengan posisi saat Inisiasi Menyusu Dini saat ibu melahirkan normal. Ibu bisa duduk tegak atau dalam posisi craddle, sedangkan bayi tengkurap sambil menyender pada dada sambil mengangkang. Dengan menggunakan posisi ini dapat memicu bayi untuk menggunakan lidahnya👅 saat menyusu dan membuka mulut dengan lebar.