post-title

Puk-puk bayi setelah menyusu agar bersendawa

Mungkin Anda merasa bingung, apakah bayi harus bersendawa💭 setiap selesai menyusu? Serta apa saja metode yang dapat digunakan ketika bayi sedang tidur dapat bersendawa sesudah menyusu? Simak bahasa selengkapnya berikut ini.


Apakah bayi harus bersendawa setelah menyusu?

🌬️Haruskah bayi bersendawa sesudah menyusu?

Apabila bayi Anda tidak bersendawa sesudah menyusu, hal ini berarti bayi Anda menyusu dengan melekat dengan sempurna, sehingga tidak ada gas yang terjebak di dalam perutnya. Sedangkan apabila bayi bersendawa sesudah menyusu, hal ini terjadi karena adanya gas yang terjebak di dalam perut yang masuk ketika proses menyusu atau saat ia menangis😭.

😴Bayi tertidur dengan nyenyak sesudah menyusu

Jika gas di dalam perut tidak dikeluarkan, maka bayi akan merasa mual yang menyebabkan dirinya gumoh. Sama seperti saat sesudah menyusu, jika bayi tertidur dengan nyenyak, Anda tidak perlu membangunkannya. Karena jika bayi tertidur dengan nyenyak setelah menyusu berarti tidak ada gas yang masuk ke perutnya😉.


Mulai kapan bayi bisa bersendawa sendiri?

🗓️Usia 4-6 bulan

Biasanya si kecil akan sudah mulai bisa bersendawa sendiri ketika telah berusia 4-6 bulan. Hal tersebut karena bayi pada usia 4-6 bulan sudah mulai pintar menyusu tanpa menelan👅 banyak udara.

🏥Konsultasikan pada dokter anak jika terjadi hal ini

Konsultasikan pada dokter jika bayi sulit untuk bersendawa disertai dengan rewel karena ia merasa perutnya kembung. Maka dokter akan memeriksa kondisi si kecil dan memberikan solusi📝 yang dapat Anda lakukan.


Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat bayi bersendawa!

📌Dengan memangku

Jika ibu menyusui bayi di sofa atau kursi, balikkan tubuh bayi secara hati-hati menjadi posisi tengkurap sambil membiarkan dirinya bertumpu di paha Anda. Lalu, taruh satu lengan Anda pada bawah dagu serta dada bayi guna mengangkat sedikit tubuh bagian atasnya. Kemudian Anda dapat menggunakan tangan✋ Anda yang lain untuk menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut.

👩Menaruhnya di bahu

Pertama-tama, posisikan bayi berbalik sambil sandarkan pada dada Anda. Lalu letakkan satu tangan ibu di bawah bokong bayi untuk menopangnya, sambil posisi kepala bayi terletak di atas bahu ibu. Anda dapat mulai menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut, atau menggosok-gosokkan punggung atas bayi👶 dengan melakukan gerakan memutar.