post-title

Kapan bayi boleh dibawa pulang ke rumah?

Mungkin banyak ibu disini tidak sabar pastinya untuk segera membawa pulang bayinya ke rumah🏠 bukan? Anda bertanya-tanya kapan Anda boleh pulang ke rumah bersama bayi tercinta Anda.


Kondisi yang harus dipenuhi ibu sebagai syarat boleh pulang ke rumah

👩Hasil pemeriksaan laboratorium baik

Hasil pemeriksaan laboratorium ibu dalam batas normal, jumlah leukosit normal yang menandakan tidak ada infeksi, protein urin normal yang artinya tidak ada eklampsia, kadar Hemoglobin normal yang berarti ibu tidak mengalami anemia. Perdarahan✨ setelah bersalin normal, 3 sampai 4 pembalut per harinya.

✔️Kondisi umum serta kesadaran ibu baik

Tanda vital ibu diantaranya, suhu, respirasi, tekanan darah, nadi ibu normal. Ibu juga telah bisa menyusui, tidak mengalami radang payudara. Kembalinya rahim ke ukuran semula juga berjalan dengan baik, perut ibu mengempis, sambil terjadi kontraksi ringan, dan nyeri⚡ ringan setelah bersalin.


Untuk bayi, apa saja kondisi yang harus dipenuhi supaya bisa pulang ke rumah?

👶Kondisi umum bayi baik

Kondisi bayi secara umum baik, diantaranya, reflek normal, APGAR score baik. Tanda vital bayi juga dalam batas normal, dan berat badan⚖️ bayi ketika lahir normal 2500-4000 gram.

🤱Bayi telah bisa menyusu

Reflek menyusu bayi baik dan bayi sudah bisa menyusu. Bayi juga sudah menerima imunisasi Hb-0, obat tetes mata👀, dan vitamin K. Hasil pemeriksaan laboratorium juga dalam batas normal.


Biasanya berapa lama dirawat di rumah sakit setelah bersalin?

✨Ibu yang menjalani persalinan normal

Biasanya perlu waktu paling tidak 24 jam untuk ibu dirawat di rumah sakit. Hal ini karena dokter👩‍⚕️ akan sambil memeriksa kondisi Anda dan bayi jika mengalami gangguan kesehatan. Selain itu, ibu juga butuh waktu untuk beristirahat dan menunggu efek dari anestesi menghilang.

📌Ibu yang menjalani operasi caesar

Bagi ibu yang menjalani operasi caesar biasanya akan lebih lama dirawat di rumah sakit.🏥 Umumnya, ibu akan menginap sekitar 2 hingga 4 hari jika Anda tidak memiliki komplikasi apapun.