post-title

Bingung cara memandikan bayi baru lahir?

Walaupun kelihatannya mudah, tapi ibu dan ayah yang baru pertama kali menjadi orang tua pastinya akan merasa bingung bagaimana cara memandikan🛀 bayi yang baru lahir. Apakah bayi yang baru lahir boleh dimandikan dengan air begitu saja?


Apa saja hal yang tidak boleh dilakukan ketika memandikan bayi?

🧼Menggunakan sabun biasa

Menggunakan sabun biasa agar busa lebih banyak tidak baik bagi kulit bayi. Kulit bayi akan menjadi kering. Mandikan bayi dengan menggunakan sabun serta shampoo khusus bayi👶 yang mengandung pH netral.

😖Memandikan tiap hari

Memandikan bayi tiap hari tidak baik bagi kulit bayi karena akan menjadi kering. Ibu👩 tidak perlu memandikan bayi tiap hari. Cukup seka wajah dan sela-sela badannya dengan waslap.

⏲️Memandikan bayi tanpa waktu yang terencana

Memandikan bayi sebaiknya dilakukan pada jam yang rutin sama tiap harinya. Bayi biasanya akan merasa nyaman dan tenang sesudah dimandikan. Anda bisa memilih waktu mandi pada sore hari di jam yang sama tiap hari. Setelah selesai mandi di sore hari, bayi dapat tidur😴 lebih nyenyak.


Apa saja cara memandikan bayi baru lahir?

✔️Dengan menggunakan kain lap

Bayi yang tali pusarnya belum lepas sebaiknya dimandikan dengan menggunakan kain lap basah. Pertama, lap bagian belakang telinga, lipatan leher dan area popok. Bagian belakang telinga dan lipatan leher merupakan area yang sering menjadi tempat aliran air liur bayi dan susu🍼.

📌Dengan bak mandi

Apabila Anda tidak memiliki bak mandi khusus bayi, Anda bisa menggunakan wastafel di rumah Anda. Persiapkan dahulu waslap, sabun, sampo bayi, popok, bedak, handuk, pakaian👚 bayi di dekat Anda. Mandikan bayi jangan dengan suhu panas, tapi hangat sekitar 37 sampai 38 derajat Celcius. Persiapkan alas anti slip di berbagai pojok bak mandi.

Saat membasuh bayi, mulai dengan sangga kepala dan leher bayi menggunakan satu tangan sambil memandikannya dengan tangan yang lain. Basuh wajahnya menggunakan telapak tangan✋ Anda yang telah dibasahi air. Hal yang paling penting, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandi karena sangat berbahaya.