post-title

Haruskah menjemur bayi baru lahir tiap pagi?

Ibu mungkin pernah mendengar para orang zaman dahulu mengatakan bahwa bayi perlu dijemur☀️ tiap pagi, namun benarkah hal ini? Bagaimana cara menjemur bayi yang aman?


Manfaat menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi

👶Menghangatkan tubuh bayi

Menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi dapat menghangatkan tubuhnya. Bayi juga bisa tidur🛏️ lebih nyenyak karena paparan dari sinar matahari yang menstimulasi produksi dari hormon serotonin.

✨Merangsang tubuh bayi untuk memproduksi vitamin D

Menjemur bayi dapat merangsang tubuhnya untuk memproduksi vitamin D. Vitamin D berguna bagi pertumbuhan tulang🦴 dan kesehatannya. Selain itu, menjemurnya di bawah sinar matahari pagi dapat membantu mengencerkan lendir di saluran napas ketika bayi pilek batuk.


Bagaimana cara menjemur bayi baru lahir yang aman?

👚Hindari menjemur bayi langsung tanpa pakaian

Kulit bayi yang baru lahir sangatlah sensitif, karena itu jangan menjemurnya secara langsung tanpa memakai pakaian. Selain itu, kenakan pelindung kepala seperti topi👒 saat bayi sedang berjemur.

⏲️Durasi dan waktu menjemur yang tepat

Durasi menjemur bayi bergantung pada warna kulitnya. Untuk bayi berkulit sedang atau lebih gelap direkomendasikan untuk berjemur 3 hingga 5 jam per minggunya. Sedangkan untuk bayi berkulit putih 30 menit per minggu. Karena itu, bayi baru lahir tidak perlu😉 dijemur tiap hari.

Waktu yang tepat untuk menjemur bayi di pagi hari adalah sebelum pukul 10 pagi. Jika Anda tidak sempat menjemurnya saat pagi hari, Anda bisa menjemurnya di sore hari🍃 sesudah pukul 4 sore. Pada jam-jam tersebut kadar sinar UV matahari lebih rendah yang menurunkan risiko bayi mengalami kerusakan kulit.


Bagaimana jika Anda terlalu lama menjemur bayi?

🌊Menempelkan kain basah

Anda dapat menempelkan kain basah kurang lebih selama 10 hingga 15 menit pada kulit bayi yang terbakar. Tetapi, jangan menempelkan es🧊 secara langsung pada kulit bayi, karena kulit bayi akan terasa perih.

🍼Cegah dehidrasi dengan menyusuinya

Anda dapat mencegah bayi mengalami dehidrasi dengan menyusuinya. Namun apabila bayi terlihat kesakitan dan demam, segera bawa bayi ke dokter👩‍⚕️ untuk mendapatkan obat.