post-title

Bayi lahir caesar lebih rentan sakit?

Mungkin ada beberapa diantara ibu disini yang karena kondisi tertentu harus menjalani operasi caesar demi keselamatan ibu dan si kecil. Tentunya Anda mungkin juga pernah mendengar bahwa bayi👶 yang dilahirkan secara caesar lebih sering sakit dibandingkan bayi yang lahir dengan persalinan normal. Benarkah hal ini?


Apakah betul bayi yang lahir secara caesar lebih sering sakit?

👩‍🦱Bayi yang lahir melalui persalinan normal (pervaginam)

Ketika bayi lahir dengan persalinan normal, bayi memiliki kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan bakteri-bakteri🦠 di jalan lahir ibu dan vagina. Hal ini memicu bayi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dengan alami.

✨Bayi yang lahir melalui operasi caesar

Sedangkan pada bayi yang lahir melalui operasi caesar, proses persalinan sangatlah steril. Karena itu, bayi tidak bisa bersentuhan langsung dengan bakteri baik yang dapat memicu pembentukan antibodinya. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa bayi yang lahir melalui operasi caesar cenderung lebih mudah sakit😞 daripada bayi yang lahir dengan persalinan normal (pervaginam).


Risiko apa saja yang mungkin dialami bayi yang lahir caesar?

💨Mengalami gangguan pernapasan dan asma

Ketika bayi lahir melalui persalinan normal, otot-otot pada jalan lahir akan menekan tubuh bayi yang membantu mengosongkan cairan ketuban yang ada di dalam paru-paru bayi🌬️. Sedangkan bayi yang lahir secara caesar tidak mengalami proses tersebut, karena itu masih terdapat banyak cairan di dalam paru-paru mereka.

⚖️Mengalami diabetes tipe 2 dan obesitas

Berdasarkan studi oleh Journal of the American Medical Association pada 33.000 orang, hasilnya mengatakan bahwa anak yang dilahirkan dengan operasi caesar lebih banyak menderita obesitas dan diabetes😖 dibandingkan anak yang lahir secara normal. Penyebabnya diduga karena bakteri pencernaan seperti Bacteroides dan Bifidobacteria yang berguna mencegah obesitas yang dimiliki oleh bayi yang lahir dengan caesar lebih sedikit.

📌Mengalami gangguan kekebalan tubuh

Studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Epidemiology mengatakan bahwa bayi yang lahir melalui persalinan caesar lebih mudah mengalami alergi👃 dan sakit yang disebabkan oleh gangguan pada kekebalan tubuhnya daripada bayi yang dilahirkan pervaginam.

⚡Berisiko terkena infeksi

Dikutip dari National Center for Health Research, hasil penelitian mengatakan bahwa bayi yang lahir dengan operasi caesar berisiko lebih sering sakit karena infeksi, dan rentan☹️ terhadap segala jenis penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, serta infeksi virus.