post-title

Apa saja ciri bayi merasa lelah?

Walaupun bayi tidak beraktivitas, tapi bayi bisa merasa kelelahan. Aktivitas apapun dapat membuat bayi yang masih kecil kelelahan. Lalu bagaimana cara mengetahui apabila bayi👶 sedang kelelahan?


Mengapa bayi bisa kelelahan?

✨Rangsangan yang terlalu banyak

Apabila bayi mendapat rangsangan yang terlalu banyak dapat membuatnya kelelahan. Contohnya, ketika bayi terpapar suara yang keras, berada di lingkungan yang banyak orang, atau di ruangan yang lampunya💡 terlalu terang.

⏲️Durasi aktif bayi

Bayi yang baru lahir biasanya terjaga selama 1,5 jam dan kemudian akan merasa lelah. Untuk bayi berusia 3 hingga 6 bulan terjaga selama 2,5 jam dan biasanya akan merasa lelah😴. Sedangkan jika bayi sudah berusia lebih besar lagi, bayi akan senang mengeksplorasi lingkungannya sehingga akan merasa lelah.


Lalu, apa saja ciri jika bayi sedang kelelahan?

😭Merengek dan menangis

Bayi biasanya akan merengek dan menangis terus-menerus saat merasa lelah. Bayi juga menjadi lebih lengket pada ibu🤱 dan merengek karena ingin terus diperhatikan.

💭Menguap dan menyentuh wajah

Bayi yang merasa lelah biasanya akan lebih sering menguap. Selain itu, mereka juga akan menggosok-gosok mata, wajah, serta menarik telinganya👂. Bayi juga tiba-tiba akan menarik diri dan kehilangan minat pada sesuatu.


Adakah cara mengatasi bayi yang kelelahan?

👩‍🦱Goyang-goyang bayi secara lembut

Anda dapat mencoba menggoyang-goyang bayi secara lembut sembari menggendongnya. Selain itu, gunakan empeng pada bayi👶.

🤱Membedong dan mendekapnya

Membedong bayi dapat membantu menidurkan bayi. Selain itu, dekatkan tubuh bayi pada tubuh Anda sampai bayi dapat mendengar suara detak jantung💖 Anda. Anda juga dapat menggunakan musik atau bernyanyi dengan lembut untuk membantu bayi agar merasa rileks.