post-title

Mari belajar bahasa bayi!

Semua orang tua pastinya bingung jika bayinya rewel, menangis😭, bahkan sampai menjerit. Anda pasti ingin tahu apa yang sebenarnya sedang bayi Anda rasakan atau ingin katakan. Yuk, belajar bahasa bayi!


Arti suara yang sering dikeluarkan bayi untuk berkomunikasi dengan orang dewasa

Berdasarkan penelitian oleh Priscilla Dunstan (Dunstan Baby Language), suara yang sering dikeluarkan bayi usia 0-3 bulan di seluruh dunia mempunyai arti yang sama.

📌“HEH”

Jika bayi mengeluarkan suara “HEH”, berarti bayi sedang merasa tidak nyaman☹️. Segera ubah posisi bayi sehingga ia merasa nyaman dan tidak menangis.

🍽️“NEH”

Suara “NEH” yang dikeluarkan bayi memiliki arti ia sedang merasa lapar🍼. Apabila Anda tidak merespon suara ini, biasanya bayi akan menangis dengan keras.

💭“EAIRH”

Suara ini mirip dengan suara gumaman yang memiliki arti bahwa perut bayi terasa kembung💨. Segera ubah posisi bayi ketika bayi mengeluarkan suara ini.

😴“OWH”

“OWH” yang disuarakan oleh bayi berarti bayi merasa mengantuk. Segera bantu bayi untuk tertidur🛏️ dengan nyaman.


Berikut arti dari berbagai tindakan yang bayi lakukan!

👶Memalingkan wajah

Apabila bayi memalingkan wajahnya padahal Anda sedang mengajaknya berbicara, maka terdapat dua buah arti. Pertama, bisa saja bayi sedang marah karena Anda mengganggunya. Kedua, si kecil sedang mencoba mencerna💡 apa yang sedang terjadi.

🦵Menendang-nendang kakinya ke udara

Saat bayi Anda menendang-nendangkan kakinya ke udara berarti bayi sedang merasa senang😊. Saat ia menendang-nendang kakinya dukung ia untuk terus menendangkan kakinya guna memperkuat otot-otot kaki yang akan membantu bayi merangkak.

✋Mengepalkan tangan

Ketika bayi mengepalkan tangannya, hal ini berarti bayi sedang sangat stres karena kelaparan. Segera beri bayi susu atau makan walaupun bayi mengepalkan tangan tanpa menangis😭.

👀Mengucek matanya

Ketika bayi mengucek matanya sambil menguap atau menangis, berarti bayi sedang lelah dan mengantuk😴. Tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut sehingga bayi dapat tertidur.