post-title

Bayi menangis tanpa keluar air mata?

Biasanya ketika menangis, maka kita akan mengeluarkan air mata. Tetapi, bayi baru lahir umumnya menangis tanpa ada air mata👀 yang keluar. Kenapa bisa begitu? Yuk, ketahui penyebabnya di artikel berikut!


Mengapa bayi baru lahir tidak mengeluarkan air mata ketika sedang menangis?

✔️Hal tersebut normal!

Bayi baru lahir yang tidak mengeluarkan air mata ketika menangis adalah hal yang normal terjadi. Bayi mempunyai air mata, tetapi hanya sedikit sekali, karena itu biasanya saat menangis, matanya👀 hanya akan terlihat lembab.

✨Saluran air mata belum terbentuk sempurna

Bayi yang baru lahir belum memiliki saluran air mata yang terbentuk dengan sempurna. Oleh karena itu, bayi yang baru lahir belum dapat mengeluarkan air mata yang banyak ketika sedang menangis😭. Saluran air mata bayi umumnya akan terbentuk matang ketika bayi sudah berumur 2 hingga 8 minggu.


Faktor lain yang dapat menyebabkan bayi tidak mengeluarkan air mata saat menangis

☹️Bayi tidak punya saluran air mata

Apabila usia bayi sudah mencapai lebih dari 2 bulan namun bayi masih belum bisa mengeluarkan air mata ketika menangis, mungkin bayi tidak memiliki saluran air mata atau bahkan tidak memiliki kelenjar air mata. Anda sebaiknya segera membawa bayi Anda ke dokter👩‍⚕️ mata untuk dilakukan pemeriksaan.

😢Saluran air matanya tersumbat

Bayi yang tidak mengeluarkan air mata ketika menangis juga bisa disebabkan karena saluran air matanya mengalami penyumbatan. Anda dapat mencoba memperhatikan ciri-ciri saluran air mata bayi tersumbat, diantaranya, mata👀 akan mengeluarkan kotoran berwarna kuning yang cair dari bagian sudut dalam mata. Hal ini karena lubang saluran air mata terdapat pada sudut dalam mata.

🌊Bayi menderita dehidrasi yang parah

Apabila biasanya bayi sudah bisa menangis sambil mengeluarkan air mata, tapi tiba-tiba bayi Anda mulai menangis lagi tanpa mengeluarkan air mata, maka kemungkinan bayi Anda sedang menderita dehidrasi yang parah. Dehidrasi ini bisa terjadi karena bayi sedang sakit seperti muntah-muntah🤮 dan diare. Selain menangis tanpa mengeluarkan air mata, gejala lainnya dari dehidrasi pada bayi adalah bibir bayi terlihat kering, ubun-ubun kepala bayi menjadi lunak, dan suhu tubuh bayi juga naik.