post-title

Bayi juga bisa alami kelelahan akut?

Beberapa ibu disini mungkin ada yang pernah mengalami ketika bayinya sudah tertidur tapi malah sebentar kemudian si kecil kembali terbangun🛏️. Apabila iya, hal ini kemungkinan si kecil sedang mengalami kelelahan akut. Apa saja tanda-tanda bayi mengalami kelelahan akut?


Ciri-ciri si kecil sedang mengalami kelelahan akut!

😞Ekspresi wajah si kecil berubah

Apabila ekspresi wajah bayi berubah menjadi terlihat seperti sedang marah dan mulai rewel maka hal ini menandakan ia mulai merasa lelah. Bayi juga mulai menggosok-gosokkan telinga, mata👀, dan rambutnya.

💭Si kecil terlihat gelisah

Jika gerakan bayi mulai terlihat tidak tenang, menangis tanpa alasan, berontak ketika digendong, gelisah, hal ini berarti bayi yang baru lahir sedang mengalami kelelahan akut. Untuk bayi yang usianya sudah lebih tua biasanya akan menangis, melemparkan mainan, makanan, atau benda-benda lain, dan menjerit⚡ saat alami kelelahan akut.

😴Bayi menghindari kontak mata dan menguap terus-menerus

Apabila bayi sudah mulai menguap terus-menerus berarti ia sedang lelah. Anda bisa segera mengajaknya untuk tidur. Selain itu, saat lelah, si kecil akan memalingkan wajahnya, atau memandang dengan tatapan kosong😢 pada satu arah.

📌Bayi kehilangan minat

Saat bayi merasa lelah, biasanya ia akan tiba-tiba kehilangan minatnya pada suatu hal yang tadinya ia minati. Misalnya, kehilangan minat pada makanan🥄 dan mainan favoritnya.


Bagaimana cara menenangkan bayi yang sedang lelah akut?

🎵Pasang musik untuk membantunya tidur

Anda bisa mencoba untuk memasang musik yang menenangkan untuk membantunya tidur lelap. Selain membantu tidur, beberapa musik baik bagi perkembangan otak🧠 bayi.

🪔Pijat tubuh bayi dengan minyak pijat khusus bayi

Pijat punggung bayi dengan lembut dengan menggunakan minyak pijat khusus bayi agar si kecil merasa nyaman. Selain dapat membuat bayi terlelap, memijatnya dapat memperkuat ikatan💖 batin Anda dan si kecil.

🤱Menggendong si kecil

Anda bisa menggendong si kecil sambil berjalan-jalan di dalam rumah atau di sekitar rumah🏠 untuk membantu si kecil tertidur. Bayi merasa aman saat digendong Ibunya sehingga ia menjadi lebih mudah terlelap.