post-title

Bibir, kulit, lidah bayi berwarna biru? Sianosis!

Terdapat sindrom yang bernama sianosis atau bayi biru💙. Yuk, kenali apa yang menyebabkan terjadinya sindrom ini dan cara mengobatinya!


Mengenal lebih dalam sianosis

Sianosis merupakan kondisi pada bayi baru lahir yang warna kulitnya berwarna biru keunguan. Selain itu, kulit bayi juga lebih tipis di area mulut, kuku, daun telinga, dan bibir👄. Terdapat berbagai jenis sindrom sianosis, diantaranya:

⚡Central Cyanosis

Central cyanosis merupakan sindrom bayi biru yang terjadi di bagian pusat tubuh yaitu, mulut, dada, dan kepala. Kondisi ini tidak normal karena berhubungan dengan kadar oksigen🌬️ yang rendah dalam tubuh.

📌Acrocyanosis (Peripheral Cyanosis)

Sianosis jenis ini biasanya terjadi di area tubuh ekstremitas atau dapat digerakkan, kulit sekitar bibir, telapak tangan, dan telapak kaki. Kondisi sianosis jenis ini adalah kondisi yang normal selama tidak terjadi kebiruan di bagian tengah tubuh. Acrocyanosis biasanya terjadi saat bayi kedinginan ketika berenang🏊‍♀️. Kebiruan ini akan menghilang sesudah tubuh bayi hangat.

✨Differential Cyanosis

Sianosis jenis ini disebut juga dengan mixed cyanosis, kondisi sianosis yang ditandai dengan munculnya kebiruan di beberapa area tubuh😖. Sianosis bisa muncul di bagian atas kiri tubuh saja, atau pada kedua bagian tubuh bawah, atau di bagian tubuh atas saja.


Apa saja penyebab terjadinya sianosis?

✍🏻Penyebab sianosis sentral

Hal yang menyebabkan bayi mengalami sianosis sentral diantaranya terdapat penumpukan cairan pada paru-paru yang disebabkan oleh gagal jantung, gangguan aliran darah dari paru-paru, gangguan pernapasan. Selain itu, kelainan jantung💙 yang membuat darah kekurangan oksigen dan gangguan pada hemoglobin juga merupakan penyebab sianosis jenis ini.

💭Penyebab acrocyanosis

Bayi mengalami syok, kejang merupakan penyebab acrocyanosis. Selain itu, tangisan bayi baru lahir dan suhu yang dingin🥶 juga dapat memicu acrocyanosis.


Lalu, bagaimana cara mengobati sianosis yang dialami bayi?

💡Pertolongan pertama

Terdapat beberapa sianosis yang akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari dari waktu bayi lahir. Anda bisa mencoba melakukan pertolongan pertama misalnya menghangatkan kamar dengan pemanas atau memberikan selimut dan pelukan pada bayi👶.

👩‍⚕️Obat dari dokter

Dokter biasanya akan memberikan obat untuk penyebab methemoglobinemia yaitu dengan meresepkan methylene blue yang berguna membantu memberikan oksigen🍃 pada darah.

🏥Menjalani operasi

Apabila penyebab kulit tubuh bayi membiru adalah penyakit jantung bawaan❤️, maka kemungkinan bayi akan menjalani operasi pembedahan. Baiknya pembedahan dilakukan pada umur 6 bulan atau sebelum bayi berumur 1 tahun.