post-title

Bahaya menggunakan baby bouncer

Meskipun baby bouncer banyak membantu Anda dalam merawat bayi, namun Anda tetap harus mewaspadai bahaya⚡ yang dapat timbul dari penggunaan baby bouncer.


Apa saja bahaya yang dapat ditimbulkan dari pemakaian baby bouncer?

👶Kepala bayi menjadi datar di salah satu sisi

Apabila bayi duduk di baby bouncer sambil bersandar pada satu posisi yang bayi anggap nyaman secara terus menerus, bentuk kepala bayi bisa menjadi datar di salah satu sisi. Kondisi ini disebut juga dengan positional plagiocephaly. Hal ini terjadi karena tulang-tulang🦴 kepala bayi masih lunak dan belum secara sempurna terbentuk.

🌬️Bayi mengalami gangguan napas

Bayi yang berusia di bawah 6 bulan biasanya ototnya belum cukup kuat untuk mengangkat kepala maupun menggerakkan kepalanya ketika berbaring. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada jalan napas💨 jika posisi dagu bayi terlalu dekat dengan dada.

☹️Bayi mengalami cedera bahkan kematian

Penelitian yang diterbitkan tahun 2015 di dalam Journal of Pediatrics mengatakan bahwa peralatan bayi contohnya baby bouncer, baby walker, baby car seat🚗 adalah penyebab cedera terbanyak bayi dan bahkan kematian. Cedera yang dialami bayi karena baby bouncer dapat terjadi saat baby bouncer diletakkan tidak pada permukaan yang tepat, misalnya di tempat tidur atau meja yang menyebabkan bayi terjatuh dan tertindih baby bouncer.


Petunjuk penggunaan baby bouncer yang aman bagi si kecil

✔️Memilih sandaran bouncer yang tepat

Pilih sandaran bouncer yang dapat diatur hingga posisi datar. Sandaran bouncer yang fleksibel dapat membantu menghindari😉 terjadinya gangguan tulang belakang bayi.

📌Bouncer dengan penyangga yang kuat

Bouncer dengan penyangga yang kuat dapat mengurangi risiko bayi terjatuh. Anda dapat mengeceknya dengan cara meletakkan baby bouncer di lantai dan mencoba mengayunkannya dan jika tidak bergeser, maka bouncer aman👩‍🦱 untuk digunakan bayi Anda.

😊Bouncer dengan sabuk pengaman yang kuat

Sabuk pengaman yang kuat sangatlah penting dalam memilih baby bouncer. Pastikan sabuk pengaman kuat untuk mengunci selangkangan dan pinggang bayi👶 Anda.