post-title

Cara alami keluarkan dahak bayi di bawah 6 bulan

Anda pastinya merasa khawatir saat bayi Anda yang masih kecil sekali terserang pilek👃 atau batuk, melihatnya tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengeluarkan dahaknya sendiri, terus-menerus batuk, dan napasnya yang terlihat berat. Tenang, Anda bisa membantunya mengeluarkan dahaknya kok! Yuk, bersama-sama kita pelajari bagaimana cara membantu mengeluarkan dahak pada bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan.


Sebelumnya, mari kita kenali tanda-tanda batuk dan flu pada bayi!

✨Gejala batuk pilek pada bayi

Biasanya nafsu makan bayi akan menurun, kesulitan untuk tidur dan menyusu🍼. Hidung bayi berair, mengeluarkan lendir, dan tersumbat, bayi juga mengalami demam.

⚡Gejala batuk pilek bayi yang harus diwaspadai

Apabila demam yang dialami bayi mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, segera bawa bayi Anda ke dokter. Selain itu, bayi muntah🤮, ingus kental dan berwarna hijau, muncul ruam, kesulitan bernapas, frekuensi buang air kecil yang berkurang secara drastis, tidak mau minum merupakan tanda-tanda pilek batuk yang harus Anda waspadai.


Apa saja cara alami untuk mengeluarkan dahak bayi?

✔️Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut

Letakkan bayi dalam posisi tengkurap, lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan perlahan. Kemudian, letakkan bayi ke posisi miring, kiri atau kanan. Tepuk dengan perlahan dada samping bayi. Lendir akan keluar melalui feses🚽 atau dimuntahkan bayi.

🧴Meneteskan larutan saline pada lubang hidung bayi

Larutan saline atau saltwater dapat membantu mengencerkan lendir yang memudahkan bayi untuk mengeluarkannya dari hidung👃. Anda dapat meneteskan beberapa tetes larutan saline pada tiap lubang hidung bayi, kemudian mengeluarkan lendirnya dengan menggunakan bulb syringe. 

☀️Menghangatkan tubuh bayi

Anda dapat menghangatkan tubuh bayi dengan menjemurnya pada pagi hari. Jemur bayi di bawah sinar matahari pagi antara jam 7 pagi sampai 8 pagi.

Namun, jika cuaca sedang tidak mendukung karena hujan atau mendung💭, Anda dapat memakaikan bayi baju yang lebih tebal dan mengoleskan minyak yang membuat kulitnya hangat, contohnya minyak telon. Maka, rongga hidung bayi yang tersumbat akan menjadi lega dan dahak juga akan keluar.

🤱Lebih sering menyusui

Menyusui ASI lebih sering dapat membantu lendir atau ingus bayi menjadi lebih mudah keluar😉. Hal ini karena ASI membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh bayi yang membuat lendir lebih mudah untuk dikeluarkan.