post-title

Perut bayi buncit?

Perut bayi yang buncit adalah hal yang normal, asalkan siklus buang air kecil dan buang air besarnya🚽 teratur. Namun, perut bayi yang buncit juga dapat menjadi tanda dari adanya masalah kesehatan yang dialami bayi.


Kapan perut buncit bayi dianggap wajar dan kapan perlu diwaspadai?

✔️Perut buncit bayi yang masih wajar

Saat bayi masih berumur 1 sampai 4 bulan, biasanya perut buncit bayi adalah hal yang wajar terjadi. Biasanya perut bayi buncit karena terlalu banyak gas💨 yang ada di dalam perutnya yang disebabkan karena bayi menelan udara saat menyusu atau menangis, sistem pencernaan bayi yang memang belum berkembang sempurna saat usia tersebut.

✨Perut buncit bayi yang harus diwaspadai

Perut buncit pada bayi juga bisa menjadi pertanda dari adanya gangguan kesehatan. Enterokolitis nekrotikans, peradangan usus halus atau usus besar merupakan gangguan kesehatan yang biasanya terjadi pada bayi yang lahir secara prematur. Selain perut yang buncit, gejala lain dari penyakit tersebut diantaranya adalah bayi buang air besar berdarah, muntah🤮, bayi merasa lelah, dan mengalami diare.

Selain itu, kondisi perut buncit bayi lain yang harus diwaspadai adalah alergi susu, atau intoleransi laktosa pada susu formula. Dua kondisi ini dapat menyebabkan perut bayi buncit, bayi rewel, mual🤢, muntah, diare, dan buang air besar berdarah.


Bagaimana cara mengatasi perut bayi yang buncit?

💭Membantu bayi untuk bersendawa

Anda dapat membantu bayi untuk bersendawa dengan cara menggendongnya dengan posisi tegak setelah menyusu🍼 dengan kepala bayi di atas pundak Anda. Lalu tepuk perlahan punggungnya.

🤏Beri pijatan perlahan pada perut bayi

Anda dapat mengatasi perut bayi yang buncit yang dikarenakan kembung dengan memberikan bayi pijatan. Beri bayi👶 pijatan secara perlahan pada perutnya dengan menggunakan pola I-L-U yang berakhir di bagian perut kiri bawah.

👩‍⚕️Mengunjungi dokter

Anda sebaiknya membawa bayi ke dokter jika bayi menunjukkan gejala tidak mau menyusu, rewel, kesulitan mengejan ketika buang air besar, terdapat darah pada tinjanya, dan mengalami demam⚡ dengan suhu di atas 38 derajat Celsius.