post-title

Apa Saja Tahapan Perkembangan Mata Bayi?

Ketika bayi lahir, penglihatannya belum berkembang dengan sempurna, sehingga masih kabur. Tetapi seiring pertumbuhannya, mata👀 bayi juga akan berkembang dengan pesat selama 1 bulan pertama usia bayi.


Berikut perkembangan mata bayi dari baru lahir sampai usia 12 bulan!

👶Bayi baru lahir sampai usia 1 bulan

Biasanya, bayi yang baru lahir sangat peka dengan cahaya yang terang💡 dan bisa melihat sesuatu yang berada di samping dengan penglihatan perifer atau samping. Namun, penglihatan sentral bayi belum berkembang dengan matang. Kemudian, hanya dalam waktu beberapa minggu retina bayi berkembang yang menyebabkan pupil terlihat membesar dan bayi sudah mulai dapat melihat warna-warna yang cerah, pola gelap, terang, bentuk besar.

📌Bayi usia 1 bulan

Bayi telah dapat menggerakkan kedua matanya dengan bersamaan, melihat berbagai warna seperti kuning, merah, hijau, dan oranye, dan melakukan kontak mata. Tetapi, saat melihat warna biru💙 dan ungu, bayi belum bisa melihat dengan jelas. Mata bayi juga terlihat juling pada usia 1 bulan, tetapi Anda tidak perlu khawatir apabila hal ini tidak terjadi dalam waktu yang lama.

✨Bayi usia 2-4 bulan

Mata bayi masih terlihat seperti juling pada usia 2 bulan. Tetapi bayi sudah bisa mengikuti objek yang bergerak dengan matanya. Sedangkan di usia 3-4 bulan, koordinasi mata dan lengan bayi sudah berkembang dengan cukup baik, bayi sudah dapat memukul✋ benda yang bergerak.

✔️Bayi 5-8 bulan

Berdasarkan American Academy of Ophthalmology (AAO), di usia 5 bulan bayi sudah mulai mengembangkan kemampuan melihat dari jarak yang jauh dan sudah bisa mengenali orang lain dan merespon💭 dari jarak yang jauh. Di usia 8 bulan, bayi sudah bisa mengkoordinasikan mata dan tangan ketika merangkak.

📝Bayi 9-12 bulan

Pada usia ini, mata bayi telah berkembang dengan pesat. Bayi sudah dapat melempar barang tepat sasaran🎯 karena fokus matanya telah sangat berkembang.


Ciri-ciri mata yang sehat pada bayi

⚡Bayi yang mengalami gangguan mata

Bayi yang mengalami gangguan pada matanya biasanya akan memiliki gejala-gejala seperti bola mata memutar terus menerus yang berarti terdapat gangguan pada otot mata, kelopak mata bayi merah yang menandakan infeksi mata, sensitif pada cahaya☀️ yang mengindikasikan tekanan mata yang berlebihan, keluarnya lendir secara berlebihan yang merupakan pertanda saluran air mata bayi tersumbat, dan pupil mata berwarna putih yang merupakan indikasi dari kanker mata.

😊Mata bayi yang sehat

Bayi yang memiliki mata yang sehat akan memiliki warna pupil yang hitam dengan sklera berwarna putih. Warna iris mata bayi bisa berubah tergantung dengan protein yang bernama melanin. Kedua mata👀 bayi juga akan memiliki warna yang sama.