post-title

Posisi tidur bayi baru lahir yang aman!

Posisi tidur bayi yang tepat akan meningkatkan kualitas tidur bayi dan yang terpenting menghindari risiko berbahaya yang dapat terjadi ketika bayi sedang tidur😴. Terutama pada saat bayi baru lahir hingga berumur 3 bulan, bayi rentan mengalami sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome yang terjadi karena posisi tidur bayi yang salah yang menyebabkan bayi kehabisan napas.


Bagaimana posisi tidur bayi baru lahir yang aman?

⚡Posisi tidur bayi yang berbahaya

Bayi yang tidur tengkurap maupun tidur menyamping akan sangat berbahaya. Hal ini karena pada posisi ini bayi menjadi lebih sulit untuk mendapatkan oksigen🌬️. Bayi yang tidur menyamping juga rentan untuk berguling menjadi posisi tengkurap.

✔️Posisi tidur bayi yang aman

Posisi tidur bayi yang aman adalah terlentang. Tidak hanya berlaku bagi bayi yang baru lahir namun juga pada semua usia. Posisi tidur terlentang membuat napas bayi tidak pengap dan bisa bernapas dengan bebas☘️ sehingga menurunkan risiko terjadinya sindrom kematian mendadak.


Tips selain posisi tidur untuk mengurangi risiko bayi alami sindrom kematian mendadak

📌Mengurangi penggunaan selimut yang berlebihan

Kurangi penggunaan selimut yang berlebihan, terlalu banyak boneka🧸, bantal, ataupun mainan di kasur bayi ketika bayi sedang tidur karena dapat berisiko menutupi jalur napas bayi apabila posisi barang-barang tersebut bergeser pada wajah bayi.

✍🏻Hindari tidur satu kasur dengan bayi Anda

Meskipun bayi dan orang tua direkomendasikan untuk tidur satu kamar, namun bukan berarti tidur pada kasur yang sama. Hindari tidur satu kasur dengan bayi karena dapat meningkatkan risiko sindrom kematian mendadak. Hal ini karena pakaian👚 orang tua bisa saja tidak sengaja menutupi wajah bayi, dan juga kasur orang tua umumnya memiliki banyak selimut dan lipatan sprei yang dapat membahayakan bayi.

🛏️Pilih tempat tidur yang memiliki permukaan padat

Gunakan tempat tidur bayi yang tidak terlalu empuk, melainkan sedikit keras dan padat. Selain itu, pastikan sprei dan alas tidur bayi terpasang dengan kencang😉 sehingga tidak mudah terlepas.