post-title

Bibir bayi bergetar!

Anda mungkin pernah atau sering melihat bagian bawah bibir bayi Anda bergetar. Terdapat banyak hal yang menyebabkan bibir👄 bayi bergetar. Walaupun bibir bayi bergetar adalah hal yang wajar terjadi, namun Anda sebaiknya mengamati gejala lain yang mungkin menyertainya.


Berbagai penyebab bibir bayi bergetar

🌬️Suhu yang berubah

Suhu yang dingin dapat menyebabkan bibir bayi bergetar. Selain bibir gemetar, tubuhnya juga menggigil🥶, giginya bergemeletuk ketika kedinginan.

✨Sistem saraf bayi yang belum matang

Sistem saraf bayi yang belum berkembang dengan sempurna juga menyebabkan bibir bawahnya menjadi gemetar. Biasanya hal ini akan mereda dalam dua hingga tiga bulan📅.

📝Faktor medis

Tremor dan bibir gemetar dapat menjadi gejala dari hipokalsemia yang disebabkan dari adanya gangguan pada ginjal atau penyebab genetik. Cacat bawaan☹️ juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari bibir bayi bergetar walau faktor ini jarang terjadi.

⚡Penggunaan otot tertentu

Saat bayi sedang buang air kecil🚽, maupun buang angin, biasanya bayi akan menggunakan otot tertentu yang menyebabkan bibirnya menjadi bergetar. Hal ini umum terjadi pada bayi yang baru lahir, yang terjadi karena otot bayi masih belum kuat.


Adakah cara untuk meringankan bibir bayi yang bergetar?

✔️Pastikan bayi tidak kedinginan

Anda dapat memakaikan bayi pakaian yang hangat. Selain itu, mandikan🛀 bayi dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

✍🏻Mencatat waktu ketika bibir bayi bergetar

Anda dapat mencatat waktu dan situasi ketika bibir bayi bergetar. Ketika bibirnya bergetar, peluk bayi👶 dengan erat dan coba ketuk bibir bayi dengan lembut.

🤱Menyusui bayi dengan ASI secara eksklusif

Menyusui bayi dengan ASI secara eksklusif hingga enam bulan pertama. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi🍊 yang membuat ASI mengandung nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan bayi.