post-title

Kenapa bayi sulit tidur?

Bayi yang mengalami kesulitan untuk tidur dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bayi yang sulit tidurpun biasanya akan rewel dan menangis😭 karena bayi merasa belum bisa menyampaikan hal yang ingin bayi katakan.


Apa saja hal yang menyebabkan bayi sulit untuk tidur?

😞Bayi terlalu lelah

Bayi yang terlalu lelah sebelum tidur malam malah dapat membuatnya sulit untuk tidur. Penyebabnya, saraf simpatik bayi meningkat yang membuat bayi terus terjaga👀.

⚡Bayi sedang tidak enak badan

Saat bayi sedang tidak enak badan, misalnya karena perutnya kembung, pilek, sembelit, tumbuh gigi, dapat membuat bayi menjadi rewel. Segera bawa bayi ke dokter👩‍⚕️ jika sepertinya bayi sedang tidak enak badan agar masalah sulit tidurnya juga bisa cepat teratasi.

⏲️Belum mempunyai ritme sirkadian

Bayi biasanya belum mempunyai waktu biologis tubuh yang menyebabkan jam tidur bayi menjadi berantakan😵. Umumnya, bayi baru mempunyai ritme sirkadian ketika sudah menginjak usia 12 minggu, namun bisa juga lebih.

🦷Gigi bayi sedang tumbuh

Bayi yang giginya sedang tumbuh dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman karena merasa sakit☹️. Hal ini membuat bayi menjadi sulit untuk tidur.

🍽️Bayi sedang lapar

Bayi yang sedang lapar juga membuatnya sulit untuk tidur atau terbangun di tengah malam. Beri bayi cukup ASI🤱 sebelum bayi tidur sehingga bayi bisa tidur dengan lebih lama.


Berikut tips atasi bayi yang sulit tidur!

😭Ketika bayi rewel

Bayi yang rewel menjelang waktu tidur dapat menandakan bayi belum menemukan posisi yang ia anggap nyaman. Tenangkan bayi, dan bantu bayi untuk menemukan posisi ternyaman. Anda juga dapat menggunakan dot untuk menenangkan bayi yang sedang rewel✨ yang juga bisa mengurangi risiko sindrom kematian mendadak.

📅Jadwal tidur dan suasana kamar

Pastikan jadwal tidur dan bangun bayi untuk selalu konsisten. Hal ini dapat menjadi kebiasaan yang baik yang membuat bayi nantinya akan terbiasa. Selain itu, buat suasana kamar senyaman mungkin bagi bayi, misalnya dengan memasang lampu yang redup💡 dan pastikan tidak ada suara-suara bising di dekat kamar.