post-title

Haruskah bayi baru lahir dibedong?

Membedong bayi dapat membantu menenangkan bayi karena bentuk bedong yang seperti rahim ibu. Bahkan berdasarkan American Academy of Pediatrics (AAP), bedong yang dilakukan dengan benar merupakan teknik efektif dalam menenangkan bayi dan membantu tidur🛏️. Namun, membedong bayi tetap memiliki risikonya tersendiri. Yuk, kita simak bahasannya dalam artikel berikut!


Manfaat dan risiko dari membedong bayi

⚡Apa saja risiko dari membedong bayi?

Bayi bisa kepanasan apabila dibungkus dengan selimut yang terlalu banyak, tebal, dan rapat. Membedong terus menerus juga bisa menekan suara bayi yang bisa menunda respons terhadap bayi. Bayi yang dibedong terus menerus juga gerakan lengannya menjadi terhambat, dan lebih jarang menyusu🍼.

✨Lalu apa manfaat dari membedong bayi?

Bayi yang dibedong tidak terlalu ketat akan merasa aman karena bedong yang menyerupai rahim ibu. Alasannya, 3 bulan pertama bayi setelah lahir merupakan masa transisi sesudah mereka keluar dari rahim. Bedong juga dapat mencegah bayi terkejut ketika bangun. Hal ini karena bedong menahan kaki🦵 dan lengan bayi.


Begini membedong bayi yang benar!

✔️Hindari mengikat kain terlalu ketat

Pastikan Anda tidak mengikat kain bedongan dengan terlalu kencang. Hindari menarik tangan✋ dan kaki bayi ataupun meluruskannya dengan paksa saat membungkus bayi dengan kain.

Membedong bayi dengan menarik kakinya lalu mengikatnya bisa mengganggu pertumbuhan bayi Anda. Perkembangan sendi kaki juga bisa terhambat dan bahkan saraf-saraf sekitar kaki🦶 bayi juga bisa menjadi bermasalah.

📌Memilih jenis kain yang tepat

Pilih kain yang lembut dan nyaman bagi bayi Anda. Hindari memilih kain yang terbuat dari bahan kain yang kasar karena dapat mengiritasi😢 kulit bayi. Selain itu, pilih kain yang hangat dan cukup tebal.

⏲️Hindari membedong bayi seharian

Hindari membedong bayi seharian atau saat tidak perlu. Anda cukup membedong bayi ketika udara dingin🥶 ataupun bayi sedang tertidur. Dengan tidak membedong bayi seharian dapat memberikan waktu bagi bayi untuk bergerak dengan bebas sehingga pertumbuhannya juga tidak akan terganggu.