post-title

Olahraga yang dapat dilakukan bayi

Meskipun masih bayi, bayi juga membutuhkan olahraga sesuai dengan umurnya lho! Aktivitas fisik dapat membantu mendorong pertumbuhan bayi dan membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup yang aktif😉 sejak dini.


Olahraga atau latihan fisik yang dapat dilakukan bayi umur 0-6 bulan

✔️Tummy time

Bayi berumur 0-6 bulan dapat melakukan latihan fisik diantaranya, tummy time yang dapat membantu bayi dalam menguatkan otot-otot yang mereka butuhkan ketika merangkak dan duduk🪑. Tummy time bisa dimulai saat bayi sudah menginjak usia 3 sampai 4 minggu dan dilakukan minimal 30 menit.

✋Menggenggam jari

Refleks palmar atau refleks menggenggam bayi yang merupakan refleks primitif yang berkembang selama dalam rahim akan menghilang ketika bayi berumur sekitar 6 bulan. Menggenggam mainan🚗 atau mencengkeram jari dapat membantu melatih genggaman telapak tangan bayi.

📌Mengangkat benda-benda

Lanjutan dari latihan menggenggam adalah mengangkat benda. Bayi dapat mulai berlatih mengangkat benda dari usia 3 hingga 4 bulan. Beri contoh pada bayi bagaimana cara mengangkat mainan atau benda berukuran kecil di sekitarnya agar bayi👶 mengerti.


Olahraga yang bisa dilakukan bayi umur 7-12 bulan

👩Latihan gerobak dorong

Umumnya bayi sangat menyukai latihan gerobak dorong. Anda dapat membaringkan bayi secara tengkurap dan pelan-pelan mengangkat bagian bawah🦵 tubuh bayi sambil meletakkan tangan di punggung bayi. Bayi akan belajar untuk menyeimbangan tubuh bagian atas pada tangan dan lengan mereka. 

💭Mendaki gunung

Latihan mendaki gunung baik bagi bayi yang sudah mulai merangkak. Anda dapat mengatur beberapa buah bantal agar membentuk bukit kecil di area main bayi yang aman. Dorong bayi untuk merangkak di atasnya. Latihan ini dapat melatih persendian pada tangan dan kaki🦶 bayi.

👂Jari kaki ke telinga

Pertama-tama, baringkan bayi telentang dan pastikan kaki bayi untuk selurus mungkin. Kemudian, gerakkan jari kaki kanan bayi untuk menyentuh telinga kiri dan jari kaki kiri menyentuh telinga kanan bayi. Pastikan untuk menggerakkan anggota badan bayi tanpa memaksakannya. Latihan ini memiliki manfaat dalam menguatkan😊 otot inti dan kaki bayi.