post-title

Bagaimana cara atasi kulit kering pada bayi?

Kulit bayi yang sensitif membuatnya mudah terkena berbagai masalah kulit, tidak terkecuali kulit kering. Anda sebaiknya juga dapat membedakan kulit kering bayi dan eksim✨ pada kulit bayi agar dapat mengatasinya dengan tepat.


Apa perbedaan kulit kering bayi dengan eksim?

📌Eksim bayi muncul pada tempat yang berbeda

Eksim bayi biasanya juga muncul pada area yang tidak rentan pada kekeringan biasa, contohnya di kulit kepala bayi, lipatan belakang lutut🦵 dan siku bayi, atau pada belakang telinganya.

⚡Penampilan eksim berbeda

Kulit kering biasa umumnya memiliki penampilan kasar dan bersisik. Sedangkan eksim terlihat merah muda, keabu-abuan, kecoklatan🤎 atau merah. Kulit yang terkena eksim juga dapat mengembangkan jerawat kecil yang berisi cairan yang akan pecah.

💭Eksim tidak hanya meradang ketika cuaca kering atau dingin

Eksim umumnya tidak hanya meradang ketika cuaca kering atau dingin atau dari air mandi bayi yang terlalu hangat. Tetapi kulit yang terkena eksim akan meradang juga ketika terkena air liur, debu, keringat, susu, deterjen atau sabun🧼 tertentu.


Lalu bagaimana cara merawat kulit kering bayi?

☀️Hindari memandikan bayi dengan suhu air yang terlalu panas atau dingin

Pastikan untuk memandikan bayi dalam suhu air yang tepat, tidak terlalu dingin🥶 atau panas. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan rekomendasi agar bayi mandi setiap hari pada suhu ruangan lebih dari 25 derajat Celcius, dan suhu air 37 derajat Celcius.

🌬️Keringkan kulit bayi dengan cara yang tepat

Hindari mengeringkan kulit bayi dengan menggosok-gosoknya dengan handuk. Namun, keringkan dengan menepuk😉 dengan perlahan sampai kering.

🛀Hindari mandi terlalu lama

Memandikan bayi terlalu lama dapat membuat kulit bayi menjadi kering. Batas waktu⏲️ memandikan bayi adalah 5 sampai 10 menit saja.

✔️Gunakan sabun bebas deterjen

Gunakan sabun mandi bayi dengan kandungan bebas deterjen seperti SLES atau SLS, bebas pewangi dan mengandung hypoallergenic guna membantu dalam mengatasi kulit kering bayi. IDAI memberikan rekomendasi😊 untuk menggunakan sabun dengan pH netral kulit 5,5.