post-title

Bayi kuning?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah bayi kuning. Hal ini disebut dengan jaundice atau penyakit kuning. Biasanya warna mata dan kulit bayi yang baru lahir menjadi kuning💛. Mari mengenali lebih dalam apa itu sakit kuning pada bayi.


Mengapa bayi mengalami penyakit kuning?

Tingginya kadar bilirubin dalam darah bayi biasanya menyebabkan bayi mengalami penyakit kuning (ikterus neonatorum).

✨Bayi mengalami infeksi

Bayi yang sehat biasanya baru akan mengalami jaundice dua sampai tiga hari sesudah dilahirkan. Namun apabila bayi mengalami infeksi, atau memiliki gangguan pada sistem pencernaan, khususnya hati❤️, atau kekurangan enzim, maka bayi dapat mengalami jaundice kurang dari satu hari sesudah dilahirkan.

📌Bayi lahir secara prematur

Bayi yang lahir prematur memiliki organ hati yang belum berkembang sempurna yang menyebabkan bayi mengalami jaundice. Hal ini karena organ hati bertugas untuk menghilang bilirubin dari darah, sedangkan karena organ hati bayi prematur belum matang, maka bilirubin menjadi menumpuk di dalam darah yang membuat mata👀 dan kulit bayi menjadi kuning.

🌊Bayi kekurangan cairan

Bayi yang kekurangan cairan dalam tubuhnya akan menyebabkan peningkatan kadar bilirubin dalam darah yang kemudian menyebabkan jaundice. Karena itu, bayi yang kekurangan cairan🌬️ juga lebih mungkin mengalami penyakit kuning ini.


Bagaimana cara mengobati bayi yang mengalami penyakit kuning?

✨Transfusi tukar

Transfusi tukar biasanya diperlukan apabila bayi sudah menerima perawatan fototerapi namun kadar bilirubinnya masih terus meningkat. Transfusi tukar adalah prosedur medis dengan melakukan penggantian darah bayi dengan darah atau plasma dari pendonor yang memiliki kadar bilirubin normal✔️.

☀️Fototerapi (filtered sunlight)

Tubuh bayi akan disinari dengan lampu bili-light atau dengan bili-blanket dalam kondisi bayi telanjang agar tubuh bayi seluruhnya terkena sinar fototerapi. Kulit bayi akan menyerap sinar ultraviolet tersebut yang membantu mengubah bilirubin ke dalam bentuk yang lebih mudah dibuang bayi, yaitu urine🚽. Tidak perlu khawatir karena ketika disinar, mata bayi akan ditutupi.

🤱Menyusui dengan rutin

Menyusui bayi dengan rutin dapat membuat kadar bilirubin yang tinggi dapat dikeluarkan melalui feses🧻. Anda bisa menyusui bayi Anda sebanyak 8 sampai 12 kali dalam satu hari.