post-title

Kolostrum bermanfaat bagi kulit bayi lho!

Kolostrum yang merupakan cairan susu🍼 pertama yang dihasilkan Ibu sesudah melahirkan memiliki berbagai manfaat lho! Salah satunya, bagi kulit bayi Anda. Berikut bahasan selengkapnya!


Apa itu kolostrum? Yuk, mengenalinya lebih dalam!

💭Kolostrum? Apa itu?

Kolostrum adalah air susu pertama yang dihasilkan Ibu pada tahap akhir kehamilan atau beberapa hari sesudah melahirkan. Kolostrum tidak hanya diproduksi oleh manusia, tapi mamalia lain contohnya sapi🐮 juga lho!

📌Warna dan tekstur kolostrum

Kolostrum berwarna kekuningan dan sedikit berbeda dengan warna ASI yang lebih putih. Tekstur kolostrum pekat dan kental, dan yang terpenting, kaya akan nutrisi😉!


Apa saja manfaat kolostrum bagi kulit bayi?

✨Membantu penyembuhan eksim

Kulit bayi yang sensitif membuatnya berisiko terkena eksim. Anda dapat meneteskan kolostrum pada area kulit bayi👶 yang terkena eksim dengan menggunakan kapas halus. Eksim bayi bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi tergantung juga pada tingkat keparahannya.

🌬️Mempercepat penyembuhan luka

Mengonsumsi kolostrum sejak bayi bisa membantu mempercepat penyembuhan luka😊. Hal ini karena kulit bayi lebih sensitif sehingga penggunaan ekstrak kolostrum dapat membantu memperbaiki barrier kulit.

⚡Mengobati ruam

Bayi rentan terkena ruam popok. Kolostrum bisa membantu mengobati ruam dan menenangkan🍃 kulit bayi sehingga mencegah ruam semakin melebar.


Info tambahan! Selain untuk kulit, inilah berbagai manfaat kolostrum yang lain!

💡Baik bagi kesehatan usus

Kolostrum mudah dicerna bayi dan berguna membantu melapisi usus. Usus yang dilapisi kolostrum akan terlindungi dari infeksi atau penyakit, dan dapat memicu pertumbuhan bakteri🦠 baik dalam sistem pencernaan si kecil.

🍽️Mendukung nutrisi awal si kecil

Kolostrum yang sering disebut juga sebagai makanan pertama bayi, mengandung berbagai nutrisi, protein bagi bayi yang baru lahir. Seluruh kandungan di dalam kolostrum akan membantu bayi agar tumbuh dengan sehat✔️.

👩‍🦱Dapat meningkatkan imunitas

Kolostrum dapat meningkatkan sistem imun bayi yang membantu melawan berbagai virus atau bakteri penyebab penyakit🍄. Sistem kekebalan tubuh bayi yang tinggi pastinya juga akan memberikan manfaat yang baik bagi kulit bayi.