post-title

Apa saja tanda bayi mengalami late blooming?

Setiap anak memiliki kecepatan perkembangannya masing-masing sehingga Anda tidak bisa menyamakan perkembangan anak Anda dengan anak orang lain. Karena itu sebaiknya Anda mengetahui dengan jelas kapan anak Anda bisa disebut mengalami late blooming💭 atau keterlambatan perkembangan.


Tanda late blooming bayi berdasarkan usianya

📌Tanda late blooming bayi pada usia 2 bulan

Bayi yang mengalami keterlambatan pada usia 2 bulan biasanya memiliki tanda seperti tidak tersenyum pada orang, tidak menanggapi walau ada suara yang keras, tidak memasukkan tangan✋ ke dalam mulut, tidak mampu mengangkat kepala ketika tengkurap. Biasanya bayi pada usia 2 bulan akan mengalami perkembangan pada penglihatan dan pendengarannya.

✨Tanda late blooming bayi pada usia 4 bulan

Pada usia 4 bulan umumnya kemampuan motorik bayi sudah mulai berkembang. Tanda-tanda late blooming bayi pada usia 4 bulan diantaranya, tidak mengeluarkan suara, tidak melihat👀 hal-hal ketika bergerak, tidak menapakkan kaki dengan baik ketika diletakkan di permukaan yang keras, tidak mampu menahan kepalanya dengan stabil, dan kesulitan menggerakkan satu atau kedua matanya ke segala arah.

✍🏻Late blooming bayi di usia 6 bulan

Di usia 6 bulan, bayi biasanya sudah mulai belajar tengkurap, merangkak, mengangkat kaki, berjalan. Tanda keterlambatan perkembangan pada usia 6 bulan adalah tidak tertawa dengan lepas, tidak menunjukkan kasih sayang❤️, tubuh terlihat terkulai, tidak mengeluarkan vowel sounds, otot cenderung kencang dan terlihat kaku, tidak berguling ke belakang atau ke depan.


Perkembangan bayi usia 0-6 bulan

✋Koordinasi tangan dengan mata yang meningkat

Biasanya bayi akan mulai menggenggam mainan, jari, atau benda lain di dekatnya. Bayi juga mulai meraih barang dan memasukkannya ke dalam mulutnya👄.

💭Mengoceh (bubbling)

Bayi mulai merespons suara dengan suara, dan sudah mulai senang mengoceh. Bayi juga dapat membedakan emosi dengan nada suara🎵.


Apa saja hal yang dapat mempengaruhi keterlambatan perkembangan bayi?

📝Faktor lingkungan

Biasanya bayi yang dimanja oleh keluarganya akan cenderung mengalami keterlambatan perkembangan. Hal ini karena ia terbiasa untuk dibantu😖 sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk mencoba berbagai hal sendiri.

😊Sifat atau temperamen bayi

Bayi yang memiliki sifat yang gigih akan terus berjuang dan pantang menyerah dalam menguasai suatu hal. Biasanya bayi yang mempunyai sifat seperti ini akan lebih cepat mencapai tonggak perkembangan🤓.