post-title

Normalkah bayi ingin digendong terus?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah bayi bau tangan✋ yang biasanya dikatakan pada bayi yang ingin terus menerus digendong. Wajarkah apabila bayi ingin digendong terus?


Mengapa bayi ingin terus digendong?

✨Proses adaptasi dari rahim ke dunia

Sembilan bulan berada di dalam kandungan, bayi merasa sangat nyaman, hangat, aman, suhu juga stabil dan gelap🌙. Ketika dilahirkan ke dunia, maka ia dihadapkan dengan berbagai situasi dan kondisi yang baru.

⚡Masih memiliki refleks moro

Bayi yang baru lahir masih mempunyai refleks moro. Refleks moro adalah respons tiba-tiba yang diakibatkan gerakan atau suara🎵 yang mengejutkan bayi. Karena itu, ketika refleks moro bayi bekerja, bayi akan merasa lebih nyaman jika berada di gendongan Anda.


Tips suara dan gerakan yang membuat bayi merasa aman!

💡Suara yang membuat bayi merasa nyaman

Anda dapat memasangkan white noise, contohnya suara air, ombak🌊, angin ketika menidurkan bayi. Hal ini karena ketika di dalam kandungan, bayi mendengar suara Anda yang teredam, namun saat lahir suara Anda menjadi jelas yang membuatnya bingung.

☘️Gerakan bergoyang perlahan

Anda dapat bergoyang dengan perlahan sambil menggendong bayi Anda. Hal ini karena saat di dalam kandungan, bayi merasakan goyangan perlahan ketika Anda sedang bergerak🚶‍♀️.


Solusi membuat bayi Anda merasa nyaman!

😉Membedong bayi

Membedong bayi dapat membuat bayi merasa hangat, aman, dan nyaman. Hal ini karena bentuk bedong yang menyerupai rahim. Namun pastikan untuk tidak membedong bayi terlalu ketat✔️.

🍼Turuti bayi jika bayi ingin menyusu

Apabila bayi ingin menyusu turutilah sesuai keinginannya. Kadang-kadang bayi menyusu🤱 tidak hanya karena merasa lapar, tetapi karena ingin mengisap untuk membuat dirinya nyaman.