post-title

Tips ampuh bayi tidur nyenyak di malam hari!

Salah satu tantangan terbesar saat mengurus bayi adalah menidurkannya. Walaupun sudah tertidur, bayi juga sering terbangun di malam hari🌙. Adakah cara agar bayi bisa cepat tidur ketika malam hari?


Sebelumnya, mari kita kenali penyebab bayi sulit untuk tidur di malam hari

😴Anda tidak mengenali tanda bayi Anda sudah mengantuk

Kadang-kadang Anda bisa saja tidak mengenali tanda-tanda yang bayi Anda sudah lakukan ketika mulai mengantuk yang membuatnya terus terjaga karena keasikan bermain🚗. Tanda-tanda tersebut diantaranya, bayi mulai melamun, menggosok mata, rewel, dan menguap.

☀️Tidak membiarkan bayi untuk tidur siang

Mungkin Anda berpikir jika bayi sudah tidur di siang hari, nanti malamnya akan sulit tidur. Tetapi, justru jika bayi tidak tidur pada siang hari, bayi akan merasa terlalu lelah di malam hari🌙 yang membuatnya sulit untuk tidur dan tidak tidur nyenyak ketika malam hari.


Solusi ampuh agar bayi bisa tidur nyenyak pada malam hari!

👀Hindari kontak mata dengan bayi

Berdasarkan senior parenting adviser Claire Lerner di Zero to Three, bayi tidur gelisah pada malam hari karena bayi melakukan kontak mata dengan Anda saat terbangun. Semakin banyak kontak mata atau interaksi bayi dengan orang tua pada malam hari, semakin termotivasi bayi untuk tidak kembali tidur.

🍼Pastikan bayi tidak lapar

Menyusui bayi di antara jam 10 malam hingga tengah malam (dream feed)🤱 bisa membuat bayi untuk tidur lebih lama. Dengan kondisi setengah mengantuk, angkat bayi pelan-pelan dari boks lalu pastikan mulut bayi berada di puting Anda.

💡Redupkan cahaya lampu

Lampu yang redup yang membuat suasana kamar menjadi gelap dapat memicu otak🧠 untuk memproduksi hormon melatonin yang membuat mengantuk. Anda dapat menidurkan bayi Anda dengan meredupkan cahaya lampu, hal ini karena cahaya yang terang akan membuat bayi tidak mengantuk.