post-title

Apakah ASI ada darahnya boleh diminum bayi?

Saat pertama kali menemukan bahwa terdapat darah di dalam ASI Anda, mungkin Anda akan merasa panik dan bingung karena apakah ASI🍼 Anda masih aman untuk diminum si kecil. Yuk, simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Hal apa yang menyebabkan terdapat darah di dalam ASI?

⚡Puting lecet

Puting yang lecet menyebabkan ASI menjadi bercampur dengan darah. Puting lecet biasanya disebabkan oleh isapan bayi yang terlalu kencang😵, atau puting Anda kering.

📌Pembuluh darah kapiler yang pecah

Pembuluh darah kapiler merupakan pembuluh darah kecil yang terdapat di payudara. Pembuluh darah ini bisa pecah😢 apabila bayi mengisap dengan terlalu kencang atau jika Anda memompa ASI dengan terlalu kencang.

😞Peradangan payudara

Payudara dapat mengalami peradangan atau infeksi yang juga disebut dengan mastitis. Gejalanya adalah payudara Anda memerah, membengkak, terasa nyeri, dan Anda mengalami demam☀️.

💭Kanker payudara

Jika darah yang tercampur di dalam ASI hanya sedikit, hal ini adalah hal yang normal. Namun, jika ASI berdarah tidak juga hilang dalam beberapa hari, hal ini dapat menjadi pertanda✍🏻 dari kanker payudara.


Jadi, amankah bayi mengonsumsi ASI yang bercampur darah?

ASI yang bercampur darah aman untuk dikonsumsi bayi asalkan Anda tidak mempunyai penyakit berbahaya, contohnya, HIV/AIDS, hepatitis, dan tidak ada reaksi alergi atau muntah🤮 yang dialami bayi. Namun, Anda sebaiknya segera mengunjungi dokter jika penyebab ASI bercampur darah tidak bisa diketahui dengan jelas dan tidak kunjung hilang dalam beberapa hari. 


Solusi atasi ASI yang bercampur dengan darah!

🧴Gunakan krim atau salep

Anda dapat mengoleskan krim atau salep pada payudara Anda yang lecet. Selain itu, selama proses penyembuhan🌬️, Anda dapat memakaikan puting pelindung ketika menyusui.

⏲️Berhenti sejenak ketika menyusui

Anda dapat berhenti sejenak ketika menyusui bayi Anda jika puting terasa sakit. Tapi, tetap lanjutkan😊 pemberian ASI pada bayi Anda ya!