post-title

Wajarkah bayi baru lahir mudah terkejut?

Bayi baru lahir biasanya akan terkejut apabila ada suara pintu dibuka ataupun suara keras👂 lainnya. Apakah hal tersebut wajar? Mari kita simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Apa yang menyebabkan bayi baru lahir mudah terkejut?

💭Penyebab bayi baru lahir mudah terkejut

Bayi baru lahir yang mudah terkejut adalah hal yang normal terjadi. Hal tersebut adalah refleks bayi👶 baru lahir yang membantu mereka dalam bertahan hidup dan berkembang pada lingkungan barunya.

Refleks ini disebut dengan refleks moro. Biasanya bayi akan melengkungkan punggungnya, atau melemparkan tangannya✋ ke atas secara tiba-tiba saat refleks moro terjadi.

📅Sampai kapan refleks moro akan terjadi?

Refleks moro biasanya akan diperiksa oleh dokter selama jam-jam pertama sesudah bayi lahir. Refleks ini akan bertahan sampai beberapa bulan. Bayi yang mengalami refleks moro akan menarik tangannya dan mengepalkannya seperti akan memeluk dirinya sendiri. Bayipun akan menangis😭 setelahnya. Namun ada juga sebagian bayi yang tidak menangis.


Bagaimana meredakan efek refleks moro?

💡Cara meredakan refleks moro

Refleks moro tidak dapat langsung dihentikan. Refleks ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya secara perlahan. Namun terdapat cara guna menenangkan🍃 bayi Anda sesudah terkejut, diantaranya Anda dapat menggendong dan memeluk bayi lalu membungkusnya dengan lampin agar bayi merasa nyaman.

🏥Segera bawa bayi Anda ke dokter jika terdapat gejala berikut!

Apabila bayi hanya dapat menggerakkan salah satu sisinya pada saat terkejut, maka hal ini dapat menjadi pertanda adanya gangguan pada bayi Anda. Selain itu, jika bayi tidak lagi menunjukkan tanda refleks, bisa jadi bayi mengalami kerusakan tulang belakang atau otak🧠.

Apabila refleks moro masih belum hilang sesudah 6 bulan, Anda juga dapat membawa bayi Anda ke dokter. Biasanya dokter👩‍⚕️ akan melakukan tes guna mengetahui apa yang terjadi pada bayi Anda.