post-title

Pick Up Put Down, metode pelatihan tidur bayi!

Terdapat suatu metode yang disebut dengan metode pick up put down. Metode ini merupakan metode yang dibuat guna membantu bayi agar dapat tertidur🛏️ sendiri tanpa bantuan apapun.


Yuk, mengenal lebih dalam metode pick up put down!

💡Apa itu metode pick up put down?

Metode ini adalah metode pelatihan tidur bayi dengan lembut yang dipopulerkan dari buku Secrets of the Baby Whisperer dari Tracy Hogg. Metode ini sangatlah dianjurkan untuk dilakukan bayi ketika menginjak umur 3 hingga 6 bulan. Metode pick up put down dapat membantu bayi untuk dapat tertidur😴 sendiri tanpa bergantung pada alat bantu maupun orang tua.

💭Kapan bayi perlu menggunakan metode ini?

Sebelum memulai menggunakan metode ini, terdapat beberapa perilaku bayi yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan, yaitu apakah bayi hanya tertidur ketika digoyang atau digendong, bayi sulit tidur siang☀️, bangun tidur terlalu awal ketika siang hari ataupun pagi hari, apakah Anda harus membawa bayi Anda bepergian dengan kendaraan supaya bayi bisa tertidur. Bayi dapat mulai menggunakan metode ini jika telah menginjak umur 3 bulan.


Bagaimana cara melakukan metode pick up put down?

📌Tetap lakukan rutinitas seperti biasa sebelum tidur

Lakukan rutinitas seperti mandi, makan malam🍽️, dan lainnya sebelum tidur yang biasa dilakukan tiap harinya. Dengan melakukannya, bayi akan belajar dan mengerti bahwa rutinitas tersebut adalah pertanda waktu bagi mereka untuk tidur.

😴Tidurkan bayi ketika bayi mengantuk

Anda dapat menidurkan bayi ketika bayi sudah mengantuk tapi masih terjaga. Tidurkan bayi di tempat tidurnya🛏️ agar bayi belajar untuk tertidur sendiri.

😭Jangan terlalu cepat menghampiri bayi ketika menangis karena terbangun

Hindari terlalu cepat menghampiri si kecil saat ia menangis, tetapi berikan dirinya waktu supaya tenang dengan sendirinya. Apabila Anda langsung menghampirinya, bayi akan bingung😵 dan mengira Anda akan terus menemaninya.

✨Pick up put down

Apabila tangisan bayi tidak juga berhenti, barulah Anda masuk ke kamarnya. Angkat dan gendong bayi guna menenangkannya🍃. Namun jika bayi sudah berhenti menangis, kembali tidurkan ia di tempat tidurnya. Anda dapat mengelus kepala atau menepuk pelan perutnya guna memberi tanda Anda masih berada di dekatnya.

✔️Pengulangan dan kesabaran

Pada awalnya pasti memerlukan waktu sampai bayi bisa terbiasa menggunakan metode ini. Kunci🔑 dari metode ini adalah untuk bersabar dan terus konsisten!