post-title

Berikut perbedaan perkembangan bayi perempuan dan laki-laki!

Dari segi anatomi perbedaan bayi perempuan dan laki-laki dapat terlihat dengan jelas. Namun dari segi kecepatan dalam mencapai tonggak perkembangan🤓, apakah ada juga perbedaan antara bayi laki-laki dan perempuan?


Benarkah anak perempuan dapat lebih cepat bicara dari anak laki-laki?

🧠Perbedaan perkembangan otak

Terdapat perbedaan dalam perkembangan otak bayi laki-laki dan perempuan yang mempengaruhi perkembangannya masing-masing. Bayi laki-laki mengalami lonjakan testosteron✨ yang menyebabkan otak berkembang berbeda dari otak bayi perempuan.

💨Pengaruh dari perbedaan perkembangan otak dalam kemampuan bicara

Bayi perempuan lebih senang melihat wajah manusia daripada benda-benda bergerak (seperti mobil-mobilan🚗) yang membuat mereka lebih cepat belajar meniru apa yang dikatakan dan dilakukan orang dewasa. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan perkembangan otak mempengaruhi kemampuan bicara bayi laki-laki dan perempuan.

Tetapi, perbedaan jenis kelamin tidak dapat menjadi panduan📝 dalam perkembangan anak. Hal ini karena setiap anak mempunyai kecepatan perkembangan yang berbeda-beda dan semakin banyak anak diajak berbicara, maka semakin cepat kemampuan berbicara anak berkembang.


Apa saja perbedaan perkembangan bayi laki-laki dan perempuan?

✔️Pertumbuhan fisik

Biasanya berat badan bayi laki-laki lebih berat⚖️ dibandingkan bayi perempuan ketika lahir. Namun, bayi perempuan akan segera menyusul saat mendekati masa balita.

🧻Toilet training

Umumnya tahap popok bayi perempuan lebih cepat berakhir daripada bayi laki-laki. Sebagian besar balita perempuan mulai toilet training🚽 dari 22 sampai 30 bulan, sedangkan balita laki-laki akan memakan waktu kurang lebih 6 bulan lebih lama. Walaupun begitu, kemampuan bayi dalam pelatihan toilet berbeda-beda tergantung pada kesiapannya.

🚶‍♀️Kemampuan berjalan

Berdasarkan penelitian, tidak ada perbedaan yang besar antara bayi perempuan dan laki-laki dalam segi keterampilan motorik ini. Mereka dapat berjalan sendiri sesudah umur 1 tahun atau juga sekitar 14 bulan📅.