post-title

Haruskah bayi dipakaikan sarung tangan terus menerus?

Bayi yang baru lahir belum dapat mengendalikan panas tubuhnya dengan baik. Karena itu, biasanya bayi baru lahir akan mengenakan selimut, topi👒, sarung tangan dan kaos kaki. Namun sampai kapan sebaiknya bayi mengenakan sarung tangan?


Mengapa bayi baru lahir biasanya dipakaikan sarung tangan?

✋Bayi memiliki kecenderungan untuk menggerakkan tangan ke arah wajah

Ketika bayi mengembangkan kemampuan motoriknya, biasanya bayi akan cenderung menggerakkan tangannya🤏 ke arah wajah. Hal tersebut bisa menyebabkan luka pada kulit wajah bayi karena tergores kuku.

🥶Tangan bayi sensitif dengan suhu yang berubah

Luas permukaan tubuh bayi yang tidak proporsional dengan berat badannya⚖️ membuat panas tubuh bayi menghilang lebih cepat dibandingkan bayi yang lebih besar atau orang dewasa. Bayi yang baru lahir juga tidak mempunyai banyak lemak tubuh.


Sampai kapan bayi boleh menggunakan sarung tangan?

🗓️Berapa lama penggunaan sarung tangan pada bayi?

Berdasarkan pakar kesehatan, waktu ideal bayi untuk mulai berhenti menggunakan sarung tangan🧤 adalah ketika bayi berusia 1 bulan atau bahkan kurang dari itu. Hal tersebut karena bayi butuh untuk mengembangkan kemampuan motorik dan mengeksplorasi sekitarnya dengan tangannya.

⚡Menggunakan sarung tangan terlalu lama mengganggu sensorik bayi

Bayi tidak bisa merasakan kulit Anda jika memakai sarung tangan. Terutama ketika bayi sedang menyusu🤱, bayi perlu untuk merasakan tekstur kulit Anda.


Tips mendorong perkembangan sensorik bayi baru lahir

😉Sering berkontak langsung

Sering berkontak langsung akan meningkatkan kemampuan indra peraba bayi. Anda juga dapat memberikan bayi mainan🚗 yang memiliki banyak tekstur guna mendorong perkembangan indra peraba bayi.

💭Ajak bicara bayi

Mengajak bicara bayi dapat mendorong kemampuan komunikasi dan bahasa bayi. Selain itu sering menatap matanya👀 juga dapat mengembangkan kemampuan sensoriknya.