post-title

Apa itu refleks Tonic Neck?

Ketika bayi lahir, bayi akan memiliki banyak refleks. Salah satu refleks✨ tersebut adalah Tonic Neck. Apa itu refleks Tonic Neck dan manfaatnya?


Mengenal lebih dalam refleks Tonic Neck

💡Refleks Tonic Neck?

Refleks Tonic Neck sering disebut juga dengan refleks anggar🤺. Hal itu karena saat refleks tersebut sedang terjadi, bayi terlihat seperti sedang melakukan pose olahraga anggar.

📌Bagaimana pose refleks Tonic Neck?

Bayi akan memutar kepalanya ke arah sisi lain, lengan di sisi tersebut akan memanjang, sedangkan lengan pada arah yang berlawanan akan menekuk pada siku. Lengan dan kaki pada sisi bayi saat memutar kepala akan memanjang sambil tangannya✋ sedikit terbuka. Sedangkan lengan di arah yang berlawanan tangannya akan tertutup.


Kapan refleks Tonic Neck terjadi? Serta apa manfaatnya?

💭Kemunculan refleks Tonic Neck

Refleks ini muncul pada hari pertama sesudah bayi lahir. Tetapi, pose anggar tersebut tidak akan langsung muncul, melainkan diperlukan waktu kurang lebih satu bulan ataupun lebih. Refleks ini akan menghilang ketika bayi berusia 4 hingga 7 bulan🗓️. Refleks Tonic Neck akan muncul ketika Anda meletakkan bayi pada punggungnya.

✔️Manfaat refleks Tonic Neck

Refleks ini bermanfaat guna mempersiapkan bayi👶 dalam mengembangkan otot-otot yang akan mereka perlukan ketika meraih sesuatu. Kemampuan tersebut umumnya akan mulai muncul di bulan ke-4.


Cara dokter menguji refleks dan kapan Anda perlu khawatir

✍🏻Cara pengujian refleks

Biasanya refleks Tonic Neck bayi akan diuji ketika bayi melakukan pemeriksaan pertama di rumah sakit. Bayi yang dibaringkan akan diputar lembut kepalanya ke arah satu sisi. Dokter👩‍⚕️ akan memeriksa apakah satu lengan bayi memanjang sedangkan sisi lengan lainnya menekuk. Lalu dokter akan kembali menguji sisi yang lainnya.

☹️Kapan Anda perlu khawatir?

Anda perlu khawatir ketika bayi kelihatannya menggerakkan satu sisi tubuh dengan lebih baik dibandingkan sisi yang lain. Refleks ini harus terjadi dengan merata. Selain itu, apabila refleks ini tiba-tiba hilang sebelum bayi berumur 4 sampai 5 bulan📅 ataupun refleks tidak juga hilang setelah bayi berumur 7 bulan, segera konsultasikan hal ini dengan dokter.