post-title

Tips stimulasi sensorik bayi!

Perkembangan sensorik bayi mencakup penglihatan👀, penciuman, pendengaran, peraba, dan pengecap. Selain itu, sensasi gerakan yang merupakan pemrosesan sensorik juga termasuk di dalamnya.


Sebelumnya, mari kita kenali perkembangan sensorik bayi pada tahun pertamanya

👂Penglihatan dan pendengaran

Bayi baru lahir bisa fokus melihat objek🎯 dengan jauh 8 sampai 15 inci. Kemudian fokus penglihatannya akan berkembang menjadi sejauh 1-2 meter pada usia 1-2 bulan. Bayi akan dapat melihat warna secara penuh di usia 3 sampai 7 bulan.

Pada usia 3 bulan, bayi bisa memutar kepalanya ke arah sumber suara. Bayi dapat mendengar berbagai frekuensi suara🎵 saat berusia 4 hingga 8 bulan.

👃Penciuman, peraba, dan pengecap

Bayi baru lahir sudah memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Bayi baru lahir bahkan sudah dapat membedakan bau Ibunya🤱 dengan orang lain. Indra penciuman anak akan berkembang sempurna pada usia sekitar 5 tahun.

Beberapa saat sesudah bayi dilahirkan, ia dapat membedakan suhu panas dan suhu dingin🧊. Bayi juga dapat merasakan sakit. Di sekitar usia 9 bulan, bayi bisa membedakan perbedaan tekstur dengan menggunakan mulut dan tangannya.

Bayi baru lahir bisa membedakan rasa pahit dan manis. Lalu di usia 6 bulan bayi akan mulai menunjukkan ketertarikan pada makanan🍲 yang dimakan oleh orang dewasa.


Manfaat melakukan stimulasi sensorik pada bayi

📌Mendorong perkembangan bayi

Melakukan stimulasi sensorik pada bayi dapat mendorong keterampilan pembelajaran bayi sehingga membuat bayi dapat berhitung dan membaca📙 dengan lebih cepat. Selain itu, stimulasi juga dapat mengembangkan kecerdasan bayi.

💡Menghindari perubahan pada saraf dan struktur otak

Stimulasi sensorik dapat membantu mencegah terjadinya perubahan pada saraf dan struktur otak🧠 ketika bayi stres. Melakukan stimulasi sensorik juga dapat menguatkan bonding dengan bayi Anda.


Berikut tips ampuh stimulasi sensorik bayi!

👶Bayi 0-3 bulan

Anda dapat menggelitik bayi Anda secara lembut guna membuatnya tertawa terkikik😊. Lakukan latihan ini dengan berbagai posisi guna melatih sendi dan ototnya. Selain itu Anda dapat menyanyikan lagu atau menyetelkan musik untuk meningkatkan indra pendengaran bayi. Gantungkan mainan berwarna-warni di atas tempat tidur bayi Anda guna menstimulasi indra penglihatan si kecil.

✨Bayi 4-6 bulan

Ketika bayi sedang mandi, biarkan bayi untuk bermain-main dengan air guna meningkatkan kemampuan perabanya. Ajak bayi melihat benda bergerak, contohnya daun🍃, bayangan, kipas. Selain itu angkat bayi ke atas, ke bawah guna menstimulasi keseimbangan bayi.