post-title

Cara lindungi bayi baru lahir dari virus!

Sistem kekebalan tubuh bayi yang baru lahir masih belum berkembang dengan sempurna. Karena itu perlu perhatian khusus dalam menjaga bayi yang baru lahir agar terlindungi dari virus🦠.


Sistem kekebalan bayi baru lahir

🤰Antibodi bayi baru lahir berasal dari Ibu

Saat ibu hamil sedang hamil tua, maka sistem kekebalan tubuh Ibu akan dipindahkan ke janin melalui plasenta dan pembuluh darah. Komponen antibodi yang diberikan pada janin👶 diantaranya, Immunoglobulin G (IgG) yang merupakan jenis antibodi yang dibentuk tubuh guna melawan bakteri, racun, virus.

📅Bertahan berapa lama antibodi Ibu di dalam tubuh bayi?

Antibodi yang didapatkan bayi dari Ibunya melalui ASI lama kelamaan akan mengalami penurunan. Bayi akan mulai menghasilkan antibodinya✨ sendiri pada usia 2 sampai 3 bulan. Sesudah usia 6 bulan, sistem kekebalan tubuh bayi telah bekerja normal sama dengan orang dewasa.


Cara melindungi bayi baru lahir dari virus dan kuman

✔️Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan

Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah dari luar rumah, sebelum memberi makan bayi, maupun saat akan memandikannya. Gunakan deterjen bebas pewangi saat mencuci pakaian👚 bayi agar kulit bayi tidak mengalami iritasi.

🚗Hindari bepergian jika tidak perlu

Hindari bepergian ke daerah yang ramai apabila tidak perlu. Selain itu, Anda pastinya juga ingin menikmati waktu lebih banyak dengan bayi Anda yang baru lahir bukan? Anda bisa berjalan santai di sekitar rumah🏠 jika membutuhkan udara segar.

🗓️Pastikan bayi selalu divaksin sesuai jadwal

Vaksin dan imunisasi membantu menjaga kesehatan bayi agar terhindar dari penyakit yang berbahaya bagi dirinya. Apabila Anda tidak sengaja lupa membawa bayi Anda untuk vaksin, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter👩‍⚕️ kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.